INDONEWS.ID

  • Rabu, 21/02/2024 17:13 WIB
  • PTPN IV Regional 4 Gelar Bimtek Benih

  • Oleh :
    • rio apricianditho
PTPN IV Regional 4 Gelar Bimtek Benih

Jambi, INDONEWS.ID - Benih bibit unggul dan bersertifikat dengan label, sangat dibutuhkan dalam tanaman bidang perkebunan termasuk kelapa sawit. Benih unggul ini sangat berdampak pada hasil produksi perkebunan selama puluhan tahun. Sadar akan hal ini, PTPN IV Regional 4 dan Dinas Perkebunan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Produsen Benih Tanaman Perkebunan

Bimbingan yang digelar ;di Mess Kebun Teh Kayu Aro Kerinci milik PTPN IV Regional 4 Jambi. Bimbingan Teknis dihadiri Dirjen Pembenihan Kementerian Pertanian Perkebunan, Gunawan SP, MSi,  Kepala Dinas Perkebunan Jambi, Ir Agus Rizal serta SEVP Operation PTPN IV Regional 4, Ifri Handi Lubis dan Pemulia Tanaman DR. Retno Hulupi

Baca juga : PTPN IV Regional 4 Latih 20 Peserta PSR

“Langkah dan arah benih yang kita tanaman akan berdampak hasil produksi dan produktivitas tanaman masa siklus tanam sampai 40 tahun. Jadi kita butuh benih yang unggul, bersertifikat serta memiliki label jaminan mutu benih,” kata Kepala Dinas Perkebunan, Ir Agus Rizal.

Karena itulah, kata Agus, dia mengajak PTPN IV Regional 4 Jambi untuk melakukan bimbingan dan arahan pada produsen bibit terutama tenaga sumber daya manusia yang teruji dan handal dalam melakukan pembibitan pembenihan yang unggul serta diakui ditingkat nasional dengan sertifikat dan label unggul dari Kementerian Pertanian dan Perkebunan.

Baca juga : PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo

”Untuk dapat bibit benih unggul, tenaga produsen juga harus unggul dan handal. Jadi ketika mereka melakukan pembenihan kita sudah tidak ragu  lagi, mereka tahu teknis sesuai standar pembenihan. Ini akan mereka lakukan, kami juga akan melakukan pemantauan secara berkala,” tegas Agus Rizal.

Sementara SEVP Operation PTPN IV Regional 4, Ifri Handi Lubis mengaku mendukung dan apresiasi penciptaan dan peningkatan kemampuan tenaga  pembenihan bibit perkebunan seperti kelapa sawit, kopi, teh dan lainnya. Sebab tenaga pembenihan yang handal dan punya kemampuan akan menjadikan bibit benih menjadi bibit pilihan terbaik, unggul dan berlabel standar nasional.

Baca juga : Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi

”Kami sangat apresiasi. Bimtek ini selain kita dapat tenaga handal pembibitan, juga menjadi peluang kerja. Ini peluang kerja, ini bisa meningkatkan perekonomian rakyat,” kata Ifri Handi Lubis.

Artikel Terkait
PTPN IV Regional 4 Latih 20 Peserta PSR
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi
Artikel Terkini
Penyelundupan 560 Liter BBM Subsidi Digagalkan Pos Siliwan Satgas Yonif 742/SWY di Perbatasan RI-RDTL
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Mendagri Lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas