INDONEWS.ID

  • Senin, 11/03/2024 11:22 WIB
  • Gerakan #PatunganListrik: Puskesmas Lempang Paji, Elar Selatan Terima Bantuan PLTS dari Pelita Khatulistiwa

  • Oleh :
    • very
Gerakan #PatunganListrik: Puskesmas Lempang Paji, Elar Selatan Terima Bantuan PLTS dari Pelita Khatulistiwa
Kepala Puskesmas Lempang Paji, Elar Selatan, Helena Dirgahayu Wela Setiati (kri) dalam acara peresmian PLTS Puskesmas Lempang Paji, Elar Selatan, berlangsung pada Kamis (7/3/2024) di Lempang Paji. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID – Sejak tahun 2016 lalu, Pelita Khatulistiwa melalui Gerakan #PatunganListrik berkomitmen mendukung Pemerintah RI dalam mewujudkan Indonesia Terang.

#PatunganListrik adalah sebuah gerakan crowdfunding pembangunan akses listrik dengan energi terbarukan yang membantu puskesmas dan desa dengan keterbatasan akses listrik 24 jam. Gerakan ini melibatkan partisipasi masyarakat.

Baca juga : Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak

Salah satu yang berhasil mendapat bantuan tersebut yaitu Puskesmas Lempang Paji, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur 2024. Bantuan berupa unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Acara peresmian PLTS Puskesmas Lempang Paji, Elar Selatan, berlangsung pada Kamis (7/3/2024) di Lempang Paji. Acara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Pelita Khatulistiwa, PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Kepala Dinas (yang mewakili) Kabupaten Manggarai Timur, Camat Elar Selatan, Camat Elar, Lurah Lempang Paji, Kepala Puskesmas Lempang Paji dan Perwakilan Pegawai Puskesmas, serta tokoh masyarakat setempat.

Baca juga : Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024

Ketua Yayasan Pelita Khatulistiwa Nurmalasari, S.K.M. dalam surat undangan acara mengatakan, untuk merealisasikan penyediaan akses listrik tenaga surya tersebut, Pelita Khatulistiwa berkolaborasi dengan parapihak salah satunya PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Baca juga : Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut

Dalam proses pelaksanaannya, terdapat serangkaian agenda, yaitu: 1) Feasibility Study dan Penggalangan Komitmen Penerima Manfaat; 2) Instalasi dan Pelatihan Pengelolaan Unit Pembangkit Listrik; 3) Peresmian; dan 4) Monitoring dan Evaluasi (Monev).

“Sebagai bagian inti dari rangkaian kegiatan, maka Pelita Khatulistiwa akan melakukan proses instalasi dan peresmian kegiatan pembangunan PLTS di Puskesmas Lempang Paji pada tanggal 3 – 7 Maret 2024,” katanya.

Dia mengatakan, sesuai agenda nasional, Pelita Khatulistiwa juga mendorong akselerasi transisi energi melalui pemanfaatan energi bersih dalam memitigasi perubahan iklim. “Hal ini merupakan aksi nyata Pelita Khatulistiwa dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs),” katanya.

Nurmalasari mengatakan Pelita Khatulistiwa meyakini bahwa kemitraan dan dukungan aktif lintas sektor sangat diperlukan untuk memastikan Gerakan #PatunganListrik dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Kolaborasi dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) tersebut telah membuahkan hasil yang membanggakan. Hingga tahun 2023, Gerakan #PatunganListrik telah dapat membantu penyediaan akses listrik tenaga surya di 9 puskesmas yakni 1) Puskesmas Lindu, Sigi, Sulawesi Tengah; 2) Puskesmas Sarina, Malaka, NTT; 3) Puskesmas Karataun, Mamuju, Sulawesi Barat; 4) Puskesmas Kelay, Berau, Kalimantan Timur; 5) Puskesmas Hoibeti, Timor Tengah Selatan, NTT; 6) Puskesmas Laonti, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara; 7) Puskesmas Gaura, Sumba Barat, NTT; 8) Puskesmas Tayando Ohoiel, Kota Tual, Maluku; 9) Puskesmas Bari, Manggarai Barat, NTT.

Selian itu, juga terdapat 2 wilayah pemukiman penduduk, yakni di Bandealit, Jawa Timur dan Desa Binenok, NTT, yang berada di daerah terpencil di Indonesia.

“Kami akan terus melanjutkan dampak baik bagi perbaikan layanan kesehatan masyarakat di wilayah lainnya. Karena itu, Pelita Khatulistiwa berkolaborasi dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) untuk membantu penyediaan akses listrik tenaga surya di Puskesmas Lempang Paji, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Lempang Paji, Elar Selatan, Helena Dirgahayu Wela Setiati, dalam konfirmainya mengatakan bahwa bantuan tersebut sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Lempang Paji.

“Hal ini sangat luar biasa, bagi kami dan seluruh masyarat Lempang Paji. Bantuan ini adalah salah satu sarana untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan,” ujar Lensi - sapaannya.

Dia mengatakan, bantuan tersebut bisa terealisasi berkat bantuan dari dr. Baity bersama teman-teman dari Nusantara Sehat.

Tokoh masyarakat lokal, Benny Veniyanto berharap agar PLTS tersebut bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas setempat.

“Harapan dengan adanya PLTS ini pelayanan kesehatan UPTD Puskesmas Lempang Paji bisa lebih optimal,” ujarnya.

Dia mengingat satu pesan dari para donatur yaitu agar PLTS tersebut dijaga untuk pelayanan masyarakat.

“Tolong dijaga dan dirawat dan dimanfaatkan untuk kepentingan pelayanan masyarakat. Inilah yang menjadi harapan dari donatur,” ujarnya. ***

Artikel Terkait
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Artikel Terkini
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Hari ini Pengurus FOKBI Gelar Silaturahmi Jelang Musda di Jakarta
Pemred indonews.id Hadiri Halal Bi Halal di Kediaman Laksamana Purn Ade Supandi
Menikah di Balai Sarwono, Bregas Ingin Merasakan Atmosfer Adat Jawa yang Kental
Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas