INDONEWS.ID

  • Selasa, 05/03/2024 21:51 WIB
  • PNM Luncurkan Program PHBS untuk Kesehatan Keluarga di Sukabumi

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
PNM Luncurkan Program PHBS untuk Kesehatan Keluarga di Sukabumi

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengambil langkah proaktif dengan meluncurkan program Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) di tatanan rumah tangga yang bertujuan untuk menciptakan keluarga hidup sehat di Kabupaten Sukabumi, bertempat di Gedung Graha Crystal Cek Ombak, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten sukabumi, Selasa (5/3/2024).

Kepala PT Permodalan Nasional Madani Cabang Sukabumi, M. Resya Apriansyah mengatakan program PHBS ini merupakan bagian dari kampanye kesehatan khusus untuk nasabah PNM. Produk unggulan PNM, "Mekar Wash", didesain untuk membantu nasabah yang kesulitan air bersih serta perbaikan sanitasi.

Baca juga : Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial

"Ini salah satu program diperuntukan untuk pembiayaan para nasabah kami yang bisa memperbaiki sanitasi serta air bersih di keluarganya, sehingga kolaborasi dengan kesehatan tujuannya untuk meningkatkan kesehatan adalah supaya dengan sehat masyarakat nasabah kami bisa produktif dalam menjalankan usaha UMKM nya," ungkap Resya dikutip sukabumiupdate.com, di lokasi.

 Resya mengatakan, Program PHBS ini telah berjalan selama 2 sampai 3 tahun dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi serta Kabupaten Cianjur.

"PNM merupakan salah satu lembaga pembiayaan milik BUMN tentunya kedepannya kita dituntut untuk bisa terus bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya, karena hari ini berkaitan dengan kesehatan, kita bekerjasama dengan dinas kesehatan, tidak sampai disini selain sosialisasi terkait kesehatan kami pun selalu berkoordinasi dengan pemda gimana caranya meningkatkan perekonomian daerah melalui UMKM," terangnya.

Baca juga : PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional

Resya menyebutkan bahwa selain program PHBS, pihaknya akan terus mengadakan pelatihan untuk meningkatkan usaha para nasabahnya. "Kami juga akan memfasilitasi para nasabah dengan memberikan sertifikat halal dan NIB secara gratis, sehingga produk-produk mereka memiliki legalitas yang jelas," tambah Resya.

Di tempat yang sama, Team Leader Partnership Account water.org, Rahmat Hidayat menyatakan dukungan penuh terhadap program PHBS ini. Keterlibatan water.org dalam kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama dengan PNM, dan berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Baca juga : PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI

"Kita mendukung penuh program PNM dalam pengembangan di pembiayaan air minum dan sanitasi. Harapannya dengan produk Mekar Wash nasabah PNM khususnya bisa memanfaatkan pembiayaan dari PT PNM untuk memiliki sarana air minum dan sanitasi yang aman," kata Rahmat

"Kita juga tahu stunting di Indonesia cukup tinggi, Jawa Barat cukup tinggi, dan harapannya dengan adanya produk Mekar Wash PHBS ini, bisa membantu atau berkontribusi pada penurunan stunting, khususnya di kabupaten dan kota Sukabumi," tandasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Bambang Widyantoro menyambut baik program tersebut.

"Pemerintah daerah sangat mengapresiasi adanya kegiatan program dari PNM ini, sebab ini merupakan hajat yang menyentuh rakyat yang paling bawah, yang paling dasar. Yang paling penting itu kesehatan," ujar Bambang 

Bambang mengatakan, Program PNM ini yang lebih fokus pada akses air minum dan sanitasi sejalan dengan program yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Yang paling penting itu kesehatan, kita tau bahwa program pemerintah itu disebut dengan program "seratus kosong seratus" yang menargetkan 100 persen akses air minum, 0 persen rumah tidak layak huni, dan 100 persen sanitasi," ungkapnya.

Bambang mengungkapkan bahwa pemerintah selama ini sangat kesulitan dalam mencapai target tersebut sebab keterbatasan dana dan waktu. Dengan adanya program PNM, diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mencapai tujuan tersebut.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa berlanjut terus memberdayakan masyarakat, menyehatkan masyarakat, khususnya masyarakat Sukabumi bisa sehat dan sejahtera," tambahnya. Sumber: sukabumiupdate

Artikel Terkait
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas