INDONEWS.ID

  • Senin, 25/03/2024 12:26 WIB
  • Satu Orang Tertimbun Longsor di Kabupaten Bogor

  • Oleh :
    • very
Satu Orang Tertimbun Longsor di Kabupaten Bogor
Satu orang dilaporkan tertimbun pasca longsor melanda Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu (24/3) pukul 18.00 WIB. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Satu orang dilaporkan tertimbun pasca longsor melanda Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu (24/3) pukul 18.00 WIB. Longsoran yang dipicu oleh hujan deras tersebut berada di Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan, pencarian sudah dilakukan sejak laporan pertama pada Minggu (24/3), namun pencarian sempat dihentikan mengingat cuaca hujan di lapangan dan kepentingan keselamatan tim evakuasi. Pencarian korban tertimbun dilanjutkan kembali pada Senin (25/3) pagi oleh tim gabungan.

Baca juga : Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung

Selain satu orang tertimbun, longsor juga menyebabkan satu orang lainnya luka sedang dan sudah dalam penanganan rumah sakit.

Sementara itu, banjir dengan tinggi 30 hingga 200 sentimeter juga melanda wilayah lainnya di Kabupaten Bogor. Adapun wilayah yang dilanda banjir berada di Kecamatan Bojonggede, Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Cibinong, Kecamatan Kemang, dan Kecamatan Parung.

Baca juga : Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat

Banjir merendam 959 unit rumah warga, 5 unit di antaranya mengalami rusak ringan. Banjir juga memaksa 219 jiwa untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. BPBD sekitar melaporkan, beberapa warga pagi ini sudah mulai kembali ke rumah masing-masing untuk melakukan pembersihan pasca banjir yang berangsur surut.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir dan longsor di wilayah pemukiman. Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi selama lebih dari satu jam, maka segera melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman, utamanya bagi warga yang tinggal di daerah perbukitan dan lereng.

Baca juga : Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73

“Masyarakat diimbau untuk secara rutin memastikan kondisi drainase dan tanah yang berada di sekitar pemukinan,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. ***

Artikel Terkait
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas