INDONEWS.ID

  • Kamis, 24/08/2017 14:09 WIB
  • Indonesia dan Vietnam Sepakat Majukan Sekolah

  • Oleh :
    • very
Indonesia dan Vietnam Sepakat Majukan Sekolah
Mendikbud Muhadjir Effendy bersama Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Republik Sosialis Vietnam, Pham Binh Minh, menandatangani pembaruan kerja sama di bidang pendidikan, Rabu pagi (23/8) di Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Biro Pers Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy bersama Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Republik Sosialis Vietnam, Pham Binh Minh, menandatangani pembaruan kerja sama di bidang pendidikan, Rabu pagi (23/8) di Istana Merdeka, Jakarta. Kerja sama yang berlaku lima tahun ini memperbaharui kerja sama yang dilakukan pada tahun 2005.

“Pembaruan kerja sama meliputi upaya memajukan sekolah dan penguatan hubungan antar institusi,” ungkap Mendikbud Muhadjir usai penandatanganan nota kesepahaman di depan pemimpin negara masing-masing.

Baca juga : Sail Nias 2019, 500 Penari Tarian Kolosal Nias Meriahkan di Hari Puncak

Beberapa bidang kerja sama yang disepakati kedua negara yang tergabung di dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ini juga meliputi pendidikan dan pelatihan guru; kolaborasi dalam penilaian pendidikan; perencanaan pendidikan dan penelitian; manajemen pendidikan dan kepemimpinan; serta desain kurikulum dan pengembangan metode pembelajaran.

Disepakati juga tentang pertukaran materi pendidikan, publikasi, alat peraga serta informasi. Pemerintah kedua negara juga sepakat untuk menyelenggarakan beragam pertemuan, lokakarya, pameran, konferensi, seminar, kunjungan studi, kompetisi, serta pemberian beasiswa pendidikan.

Baca juga : Atraksi Lompat Batu di Desa Bawomataluo, Melatih Ketangkasan Pemuda Nias

“Nanti akan dilakukan program pertukaran para pejabat di bidang pendidikan, para tenaga ahli, guru, tenaga kependidikan dan pelajar dari kedua negara,” ujar Muhadjir seperti dikutip dari siaran pers Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Viet Nam akan membentuk tim kerja yang bertugas untuk memberikan rekomendasi cara dan upaya untuk memajukan tujuan kerja sama di bidang pendidikan yang telah disepakati. Tim ini juga memastikan cara berkoordinasi yang cepat, tepat dan baik.

Baca juga : P-Five Band Unjuk Kebolehan di Penutupan Kejurnas Gokart 2019

Selain nota kesepahaman di bidang pendidikan, dalam pertemuan tersebut juga ditandatangani kerja sama pembangunan pedesaan antara Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo dengan Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam, Nguyen Xuan Cuong.

Kerjasama di bidang batu bara, pemanfaatan gas di batas wilayah kontingen ditandatangani Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Vietnam, Tran Tuan Anh.

Adapun kerja sama di bidang hukum ditandatangani oleh Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly dengan Menteri Kehakiman Vietnam, Le Thanh Long. (Very)

Artikel Terkait
Sail Nias 2019, 500 Penari Tarian Kolosal Nias Meriahkan di Hari Puncak
Atraksi Lompat Batu di Desa Bawomataluo, Melatih Ketangkasan Pemuda Nias
P-Five Band Unjuk Kebolehan di Penutupan Kejurnas Gokart 2019
Artikel Terkini
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas