INDONEWS.ID

  • Rabu, 23/08/2017 14:27 WIB
  • Petakan Politik Daerah, Pemda Diminta Manfaatkan Teknologi Informasi

  • Oleh :
    • very
Petakan Politik Daerah, Pemda Diminta Manfaatkan Teknologi Informasi
Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri (Dirjen Polpum) Soedarmo dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (23/8/2017). (Foto: Kemendagri.go.id)

Jakarta, INDONEWS.ID – Kementerian Dalam Negeri (Kememdagri) meminta pemerintah daerah (pemda) agar memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana penunjang untuk memetakan kondisi politik di daerah. Sebab, saat ini diperlukan kecepatan dan keakuratan dalam setiap penyajian data.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri (Dirjen Polpum) Soedarmo mengatakan, jajaran Kesabangpol Daerah merupakan mata, telinga kepala daerah untuk memantau setiap permasalahan di daerah. Untuk itu perlu masukan informasi didukung data/fakta lapangan.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat menerima kunjungan kerja dari Kepala BPJS Kesehatan

“Pemetaan politik akan menjadi evaluasi terhadap situasi dan kondisi politik yang berkembang dinamis sehingga menjadi bahan deteksi dini terhadap gejolak yang ada dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa,”  ujar Soedarmo seperti dikutip melalui siaran pers Puspen Kemendagri.

Hal ini disampaikannya saat membuka “Bimtek Aplikasi Pemetaan Politik dan Evaluasi Kondisi Politik di Daerah, Wilayah Sumatera dan Kalimantan”, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (22/8).

Baca juga : Pj Wali Kota Kediri: Yogyakarta Punya Malioboro, Kota Kediri Punya BrantasTic

“Setidaknya pemetaan politik ini akan mengintegrasikan permasalahan yang terkait juga dengan semua bidang di Ditjen Polpum seperti masalah ideologi, wawasan kebangsaan, ekonomi, sosial dan kebudayaan serta konflik sosial,” kata Soedarmo.

Dia berharap semua jajaran Kesbangpol mulai dari tingkat provinsi, dan kabupaten/kota sudah siap untuk menginput data sesuai dengan muatan aplikasi sistem informasi politik dalam negeri.

Baca juga : Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang

“Dari semua itu  dibutuhkan kedisiplinan dalam tugas sehingga yang kita kerjakan adalah untuk kepentingan bangsa dan negara,” pungkas Soedarmo. (Very)

Artikel Terkait
Pj Bupati Maybrat menerima kunjungan kerja dari Kepala BPJS Kesehatan
Pj Wali Kota Kediri: Yogyakarta Punya Malioboro, Kota Kediri Punya BrantasTic
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
Artikel Terkini
Indonesia Sambut Baik dan Dorong Kolaborasi dalam Perkuat Ketahanan Pangan melalui IDMA Exhibition dan TABADER Summit 2024
Nanik Yuliati, Pensiunan Guru Senang Bersama Mekaar Usahanya Berkembang
Soal Laka BUS PO Putera Fajar, Komisioner Kompolnal: Biar Tak Terulang Lagi, Utamakan Pencegahan dari Hulu ke Hilir
LPER Mendapat Penghargaan Terkait Ketahanan Pangan Dari Kepala KODIM Kota Bekasi
Pj Bupati Maybrat menerima kunjungan kerja dari Kepala BPJS Kesehatan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas