Pojok Istana

Ke Blitar, Jokowi Tinjau Proyek Rehabiltasi Saluran Irigasi Lodoyo

Oleh : Ronald T - Kamis, 03/01/2019 21:05 WIB

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Jawa Timur pada Kamis, (3/1/2019) dan meninjau langsung proyek rehabilitasi saluran irigasi Lodoyo, di Blitar, Jawa Timur.

Blitar, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Jawa Timur pada Kamis, (3/1/2019).

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo meninjau langsung proyek rehabilitasi saluran irigasi Lodoyo, di Blitar, Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, mantan Walikota Solo ini mengatakan bahwa ada perbaikan saluran irigasi primer sebesar tiga juta hektar, termasuk diantara saluran irigasi Lodoyo.

"Perbaikan irigasi primer yang kita tergetkan dalam rencana kita, akan ada tiga juta hektare. Ini salah satunya," ujar Jokowi.

Jokowi pun menambahkan, proyek rehabilitasi saluran irigasi ini diperlukan, mengingat sebelumnya tidak ada pemeliharaan terhadap saluran irigasi.

"Pak Menteri PU intinya ingin menunjukkan mana sih yang namanya rehab irigasi seperti apa. Ini rehab irigasi. Ada yang bangun irigasi sekundernya, primernya yang baru juga ada. Tapi ini yang namanya rehab. Artinya dulu sudah ada tapi diperbaiki karena sudah lama tidak ada pemeliharaan," ujar Presiden.

Sebagaimana diketahui, selama lima tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, proyek rehabilitasi saluran irigasi tiga juta hektare sudah rampung. Seperti yang dikemukakan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono.

"Sudah tercapai dari RPJMN tiga juta itu. Ini 16 kilo untuk 12 ribu hektare. Dari Waduk Wlingi," ujar Menteri Basuki. (ronald).

Artikel Terkait