Gaya Hidup

Ini Penjelasan Kominfo Terkait Lemotnya Beberapa Aplikasi Sosmed

Oleh : Ronald Tanoso - Kamis, 14/03/2019 14:31 WIB

Ferdinandus menjelaskan, erornya Facebook dan Instagram tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan secara global. Meskipun demikian, tidak semua pengguna kedua medsos itu terdampak.

Jakarta, INDONEWS.ID - Hari ini banyak netizen Indonesia yang mengeluhkan lemotnya aplikasi Instagram maupun WhatsApp. Mereka mengeluhkan sulit untuk menggunakan fitur Instagram Stories dan direct message.

Bahkan tombol untuk mempublikasi konten baru dan pencarian pun juga tidak bisa digunakan di Instagram. Warganet mengeluhkan gangguan ini terjadi pada Kamis (14/3/2019) sejak dini hari.

Kebanyakan dari para netizen ini berharap Instagram dapat berfungsi normal kembali. Netizen menyampaikan keluhannya itu ke Kominfo selaku regulator.

Sementara itu, saat dikonfirmasi awak media, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ferdinandus Setu mengatakan pihaknya telah mengonfirmasi kepada pihak Facebook dan Instagram terkait keluhan warganet atau netizen yang mengabarkan erornya kedua media sosial (medsos) tu.

"Saat ini tim IG (Instagram) dan FB (Facebook) sedang berupaya untuk memperbaiki kendala. Mereka menyampaikan permintaan maaf kepada pengguna yang terdampak atas ketidaknyamanan itu," katanya di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Ferdinandus menjelaskan, erornya Facebook dan Instagram tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan secara global. Meskipun demikian, tidak semua pengguna kedua medsos itu terdampak.

"Saya sudah dapat info dari pihak IG dan FB Indonesia, bahwa memang beberapa user yang agak kesulitan dalam mengakses FB dan IG. Ini bukan saja terjadi di Indonesia, tapi secara global. Tidak semua pengguna yang terdampak," tuturnya.

Dirinya membeberkan pesan yang diberikan pihak Instagram dan Facebook terkait dengan erornya sejumlah fitur mereka.

"Saat ini ada beberapa yang mengalami masalah mengakses IG. Ini bukan hanya di Indonesia, tapi global. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, tim kami sedang mengusahakan untuk diperbaiki secepatnya," begitu bunyi pesan yang diteruskan Ferdinandus dari pihak Instagram dan Facebook. (rnl)



 

Artikel Terkait