Daerah

PP Muhammadiyah Serukan Masyarakat Untuk Sabar Menunggu Hasil Pemilu 2019

Oleh : Ronald T - Kamis, 18/04/2019 23:01 WIB

Ketua Umum PP Muhammadiyah DR Haedar Nashi dalam sebuah konfrensi pers bertemakan "Damai Pasca Pemilu" di Yogyakarta, pada Kamis(18/4/2019).

Yogyakarta, INDONEWS.ID - Menyusul penyelenggaraan pemilu 2019 yanv digelar serentak pada hari Rabu (17/4/2019), Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan seruan agar semua pihak untuk cooling down dan menahan diri serta bersabar menunggu hasil penghitungan suara resmi dari KPU.

Pernyataan sikap mengenai seruan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah DR Haedar Nashi dalam sebuah konfrensi pers bertemakan "Damai Pasca Pemilu" di Yogyakarta, pada Kamis(18/4/2019). Turut hadir dalam acara ini, diantaranya Ketua Umum PP Aisyiyah DR Siti Noordjanah Djohantini, Ketua PP DR Busyro Muqoddas dan Dr. Taufiqurrahman.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah DR Haedar Nashi mengajak semua pihak untuk cooling down dan dengan sabar menunggu hasil penghitungan suara resmi oleh KPU. 

“Mengajak semua untuk cooling down dengan sikap menahan diri, menjaga ketenanngan dan bersabar menunggu hasil penghitugann dan pengumunan resmi dari Komisi Pemilihan umum. Tidak terlalu terpengaruh oleh hasil hitung cepat, exit poll, dan lain-lain yang disajikan di media-massa, media sosial, dan ruang publik," tegasnya.

Tidak hanya itu, melalui konfrensi pers tersebut, PP Muhammadiyah juga menyampaikan 10 pernyataan yang dibacakan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah DR Agung Danarto, yang ditujukan kepada masyarakat, penyelenggara pemilu dan para elit politik.

DR Haedar Nashir juga mendesak kepada semua pihak untuk memberi kesempatan kepada penyelenggara pemilu bekerja secara profesional, jujur, adil, transparan, independen.

Ia juga berharap pada pihak-pihak manapun untuk tidak melakukan tekanan dalam bentuk apapun yang berakibat KPU dan Bawaslu bekerja tidak jujur dan profesional. Dirinya kembali menekankan bahwa pentingnya semua pihak bersabar menunggu hasil hitungan suara resmi dari KPU.

“Pemilu pada 17 April kemarin merupakan kemenangan seluruh rakyat. Muhammadiyah berharap semua pihak sabar, seksama menunggu hasil resmi dari KPU dan tidak melakukan berbagai spekulasi, pernyataana dan aktivitas yang dapat menciptakan suasana tidak kondusif dalam kehidupan kebangsaan”, pesan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. (rnl)


 

Artikel Terkait