Daerah

Mudik Gratis Diharapkan Jadi Program Rutin Pemprov DKI

Oleh : very - Jum'at, 31/05/2019 09:52 WIB

Gubernur DKI Jakarta melepas peserta mudik gratis dari lapangan Monas, Jakarta, Kamis (30/5). (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Tahun ini, untuk pertama kalinya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan mudik gratis bagi warga ber-KTP DKI Jakarta ke berbagai daerah di Pulau Jawa. Inisiatif memfasilitasi warga untuk pulang ke kampung halaman ini bukan hanya disambut antusias para pemudik tetapi juga diapresiasi berbagai pihak. Bahkan Pemprov DKI juga memfasilitasi pengiriman motor para pemudik agar bisa digunakan di kampung halaman masing-masing untuk bersilaturahmi.

“Bagi saya ini salah satu implementasi visi besar Pemprov DKI untuk membahagiakan warga sesuai janji kampanye Anies-Sandi pada Pilkada lalu. Pulang ke kampung halaman saat lebaran sudah menjadi kebahagian luar biasa, apalagi ini difasilitasi dan gratis lagi. Saya berharap, program mudik gratis ini menjadi program rutin Pemprov DKI di tahun-tahun mendatang. Secara khusus saya mengucapkan terima kasih atas inisiatif Gubernur Anies menyelenggarakan program ini,” ujar Anggota DPD RI atau Senator Jakarta Fahira Idris, di Jakata (30/5).

Fahira mengungkapkan, mudik gratis menggunakan bus atau angkutan umum mempunyai banyak dimensi. Bukan hanya membudayakan naik kendaraan umum, membantu mengurai kemacetan, dan mencegah kecelakaan, tetapi juga mudik bersama-sama dapat mempererat ukhuwah dan silaturahmi antarwarga Jakarta.

“Saya benar-benar bangga, Pemprov DKI benar-benar hadir membahagiakan warganya. Saat mudik gratis, warga yang selama ini satu kampung, tetapi karena kesibukan tidak pernah kenal dan bertemu, tetapi lewat mudik gratis ini bisa bersilaturahmi selama perjalanan. Insha Allah lewat mudik gratis ini, keakraban kita sebagai warga Jakarta akan semakin hangat. Kepada para pemudik saya ucapkan selamat jalan, semoga selamat, dan selamat bersilaturahmi dan bercengkrama dengan keluarga di kampung,” ujar Fahira seperti dikutip dari siaran pers.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas 17.427 warga DKI Jakarta dalam kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, di Silang Monas, Kamis (30/5/2019).

Sebanyak 354 bus memberangkatkan puluhan ribu warga ber-KTP DKI menuju 10 wilayah kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat hingga Jawa Timur. Sepuluh daerah tujuan itu adalah Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Kebumen, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Wonogiri, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Jombang. Selain memberangkatkan ribuan warga DKI menuju kampung halaman masing-masing, 754 sepeda motor milik warga yang mudik sudah lebih dulu diangkut sehari sebelumnya. (Very)

Loading...

Artikel Terkait