Nasional

Pelayanan Secara Manual, Menhub Kritisi Sistem Ticketing Di Pelabuhan Kali Adem

Oleh : Ronald Tanoso - Jum'at, 07/06/2019 23:31 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengkritisi sistem ticketing di Pelabuhan Kaliadem yang masih dilakukan secara manual. Pelabuhan ini adalah akses bagi masyarakat yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu.

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengkritisi sistem ticketing di Pelabuhan Kaliadem yang masih dilakukan secara manual.

Hal tersebut diungkapkannya pada saat meninjau kesiapan kapal-kapal di Pelabuhan Kaliadem dalam melayani masyarakat pada masa libur Lebaran 2019. Pelabuhan yang menjadi akses bagi masyarakat yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu  tersebut masih melakukan penjualan tiket secara manual.

"Jadi saya pikir suatu manajemen pertiketan belum maksimal di sini. Oleh karenanya saya mengimbau tim dari DKI untuk sistem tiketnya itu dari online saja," kata Budi kepada ssjumlah awak media di lokasi pada Jumat, (7/6/2019).

Menurut Menteri Budi, jika penjualan tiket dilakukan secara online, maka pencatatan manifes penumpang akan lebih mudah. Oleh karena itu, Menhub meminta pengelola segera memperbaiki sistem ticketing di Pelabuhan Kaliadem.

Selain itu, Menhub juga mengimbau kepada para penumpang untuk mengupayakan membeli tiket secara online. Selain itu, Menhub juga meminta para penumpang tak memaksakan diri naik kapal yang sudah penuh.

"Kemudian life jacket karena itu adalah bagian suatu keselamatan yang mutlak harus dilakukan dan menjaga etika ketika dalam perjalanan. Jangan ribut, jangan bergerak dengan suatu hal yang berlebihan di dalam kapal karena kita tidak tahu pada suatu saat tertentu ada ombak, jadi ketenangan dari masyarakat itu penting,” tandas Budi. (rnl)
 

Artikel Terkait