Sosial Budaya

Ramaikan HUT Jakarta Ke-492, Kemenpar Helat Jakarnaval 2019

Oleh : Ronald - Senin, 24/06/2019 01:51 WIB

Salah satu tarian tradisional, Jaipongan di Jakarnaval 2019 HUT DKI Jakarta Ke 492 pada kegiatan Car Free Day, Minggu (23/6/2019)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kemeriahan ulang tahun Jakarta yang ke-492 sudah begitu terasa dengan berbagai macam promosi yang dilakukan, salah satuya adalah kegiatan Jakarnaval 2019. Sebagai ajang Pesona Jakarta tersebut hadir di tegah masyarakat yang tengah melakukan kegiatan Car Free Day (CFD) di Park and Ride Thamrin 10, Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Yang menarik, promosi CFD Pesona Jakarta ini dikemas dalam berbagai sesi menarik yang diawali dengan senam Zumba dilanjutkan pergelaran budaya, cerita mengenai sejarah, serta budaya Betawi melalui talkshow. Selain itu, juga ada informasi mengenai lokasi-lokasi menarik untuk dikunjungi di Jakarta.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calender of Event (CoE) Esthy Reko Astuti memaparkan, Kementerian Pariwisata mendukung Jakarnaval 2019 untuk memeriahkan hari jadi Ibukota negara, sekaligus mempromosikan wisata kota mengingat posisi Jakarta sebagai salah satu greater pintu masuk wisatawan terbesar ke Indonesia.

 

“Jakarta merupakan salah satu dari tiga greater selain Bali dan Kepulauan Riau. Di Jakarta sendiri ada beberapa event yang masuk ke 100 Calendar of Event, salah satunya Jakarnaval. Ini semua atraksi untuk mendukung pencapaian target 20 juta wisatawan mancanegara. Apalagi kontribusi Jakarta untuk memenuhi target wisman sendiri cukup besar,” ujar Esthy melalui keterangan tertulis Kemenpar yang diterima pada Minggu, (23/6/2019).

Memiliki kelengkapan destinasi wisata, Jakarta, menurut Esthy, bisa dikatakan sebagai pintu kedua masuknya wisatawan mancanegara ke Indonesia.

“Jakarta memiliki berbagai macam atraksi yang dicari wisatawan mulai dari alam, budaya, sejarah, hingga bahari, semua lengkap di sini,” kata Esthy.

Oleh karena itu, untuk melengkapi kemeriahan di HUT Jakarta ini, Jakarnaval diselenggarakan pada 30 Juni 2019, pukul 15:30 WIB dengan rute Balai Kota hingga Bundara HI.

Sementara, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Hari Wibowo, menjelaskan, tema Jakarnaval 2019 yakni `Wajah Baru Jakarta` dengan mempertimbangkan kondisi terbaru Jakarta yang sedang terus mengalami perubahan melalui berbagai pembangunan.

“Maka, kami memilih rute Thamrin dan Sudirman untuk menunjukkan pembangunan baru di Jakarta mulai dari JPO di Dukuh atas hingga MRT,” kata dia.

Lebih lanjut, Hari memaparkan kegiatan Jakarnaval 2019 akan dimeriahkan oleh marching band, parade orang berjalan, tari garapan kolosal, seniman, serta diikuti parade kendaraan hias. Tercatat hingga penutupan pendaftaran pada 21 Juni 2019, ada sekitar 30 kendaraan hias dari 5 wilayah serta 1 kabupaten dan 5000 peserta yang akan berpartisipasi dalam Jakarnaval 2019. (rnl)

Artikel Terkait