Dubes RI di Brussel, Ingatkan Pentingnya Jaga Persatuan dan Kerja Kerja Keras

Oleh : hendro - Sabtu, 17/08/2019 16:44 WIB

Peringatan HUT RI ke-74 di KBRI Brussel. Diselenggarakan di halaman KBRI Brussels, upacara berlangsung lancar dan khidmat dibawah pimpinan Duta Besar RI Yuri O. Thamrin

Brussel, INDONEWS.ID -- Warga Negara Indonesia yang berada di Belgia tampak antusias mengikuti upacara Peringatan HUT RI ke-74 di KBRI Brussel. Diselenggarakan di halaman KBRI Brussels, upacara berlangsung lancar dan khidmat dibawah pimpinan Duta Besar RI Yuri O. Thamrin, meskipun sempat hujan.

  
Suasana haru terasa ketika anggota pasukan pengibar bendera (paskibra) dari kalangan pelajar Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Tak lupa,  penghormatan kepada para pahlawan juga dilakukan hadirin dengan menundukkan kepala secara khidmat.

Sejalan dengan tema HUT RI ke-74, “SDM Unggul Indonesia Maju”, Dubes Yuri Thamrin mengingatkan kembali kepada generasi muda Indonesia, khususnya yang berada di Belgia akan pentingnya persatuan nasional. Di tengah maraknya politik identitas baik di Indonesia maupun di panggung internasional, setiap insan bangsa Indonesia perlu terus pertahankan persatuan dan kesatuan.

Dubes RI memaparkan bahaya politik identitas yang menimbulkan perpecahan sosial, intoleransi, ketegangan politik yang tinggi dan kurang sehat, serta, dalam masyarakat majemuk seperti Indonesia, dapat membahayakan persatuan nasional. Persatuan dan kesatuan akan menjadi salah satu kunci keberhasilan rakyat Indonesia untuk mencapai cita-cita Indonesia maju yang gemilang.

Loading...

Tidak hanya isu domestik, Dubes Yuri menyampaikan peran penting diplomasi Indonesia untuk meningkatkan perdamaian dan stabilitas dunia serta untuk memajukan kesejahteraan bangsa melalui peningkatan kerjasama pedagangan, investasi, pariwisata dan pendidikan.

Di samping itu, ditekankan pula bahwa tugas mengharumkan nama baik Bangsa dan Negara bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, tetapi juga tugas kita bersama, termasuk diaspora Indonesia.

Lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan yang dinyanyikan aubade anak-anak Indonesia menambah semangat nasionalisme dan kecintaan tehadap Indonesia. Sebagai penutup, dilakukan pemotongan tumpeng khas 17-an sebagai tanda syukur atas lancarnya perayaan HUT RI ke-74 di Belgia.
 

Artikel Terkait