Pojok Istana

Jokowi Bertemu Tokoh Papua, Ketua BIN : Papua Anak Emas Bukan Anak Tiri

Oleh : Ronald T - Selasa, 10/09/2019 17:20 WIB

Presiden Joko Widodo bersama puluhan tokoh dari Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Selasa (10/9/2019). (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Republik Indonesia mengadakan pertemuan dengan beberapa tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Merdeka pada Selasa (10/9/2019).

Pertemuan dengan tokoh Papua merupakan bagian dari upaya pemulihan Papua pasca-kerusuhan pada akhir Agustus lalu. 

Juru bicara Kepala BIN, Wawan Purwanto menilai Jokowi sangat responsif, dan ingin bergerak cepat dalam pergerakan-pergerakan pembangunan di Papua.

"Apalagi di periode ke dua ini, diupayakan untuk SDM misalnya menjadi salah satu prioritas yang utama, disamping juga tetap sarana prasarana, kebutuhan masyarkat kemudian juga, berbagai kebutuhan energi, pangan, sandang, dan infrastruktur itu dimulai harus di genjot ulang, untuk percepatan dan dilakukan evaluasi," ujarnya.

Dalam hal ini, Wawan mengatakan bahwa BIN harus dekat dengan masyarakat dan seluruh komponen lainnya.

"Pada prinsipnya adalah kita tidak ingin ketinggalan dan kita ingin Papua itu tidak lantas berpikir seolah-olah, tertinggal," imbuh Wawan.

Wawan juga mengungkapkan, bahwa Anak Papua adalah anak emas, bukan anak tiri.

"Kita sekarang ingin kesiapan dari seluruh elemen masyarakat Papua untuk bagaimana membuka peluang-peluang yang sudah diberikan untuk bisa melakukan percepatan-percepatan dan tentu ini kesiapan mental," tandasnya. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait