Olah Raga

Balap Sepeda International Tour De Banyuwangi Ijen (ITdBI) Bakal Diramaikan Ratusan Pembalap Dunia

Oleh : Ronald - Jum'at, 20/09/2019 14:03 WIB

Ajang balap sepeda International Tour De Banyuwangi Ijen (ITdBI) akan digelar 25-28 September 2019 mendatang di Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto : Ist)

Banyuwangi, INDONEWS.ID - Ajang balap sepeda International Tour De Banyuwangi Ijen (ITdBI) akan digeber 25-28 September 2019 mendatang. Tim-tim dengan nama besar telah mengonfirmasi untuk ambil bagian pada balap sepeda 2.2 dari Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI) tersebut.

"ITdBI telah menjadi ikon sports tourism daerah. Sekaligus salah satu event yang membuat Banyuwangi disebut sebagai kota balap sepeda di Indonesia. Ratusan pembalap sepeda profesional dari dalam, dan luar negeri, akan bertanding menjadi yang terbaik di ajang ini," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Jumat (20/9/2019).

ITdBI 2019 bakal diikuti tim-tim besar yang memiliki prestasi dunia. Sebut saja nama Team UKYO (Jepang), KINAN Cycling Team (Jepang), Taiyuan Miogee Cycling Team (Tiongkok), St George Continental Cycling Team (Australia), dan Team Sapura Cycling (Malaysia). Mereka mencatat prestasi apik dalam rangkaian 2019 UCI Asia Tour.

Chairman ITdBI Guntur Priambodo menambahkan, ITdBI 2019 juga akan diikuti belasan tim internasional lainnya, seperti Go For Gold (Filipina), Global Cycling (Filipina), Sepahan Cycling Team (Iran), Terengganu Inc. TSG Cycling Team (Malaysia), Omidnia Mashhad Team (Iran), Qinghai Tianyoude Cycling Team (Tiongkok), Aisan Racing Team (Jepang), dan Nex Cycling Team (Singapura).

"Para pembalap yang memperkuat tim-tim ini datang dari 23 negara. Seperti Belanda, Spanyol, Australia, Selandia Baru, India, Jepang, Prancis, Jerman, Rusia, Iran, Irlandia, Slovakian Thailand, Tiongkok, Kolombia, Italia, Hongkong, dan Inggris," terang Guntur.

Selain tim asing, lanjutnya, tim-tim asal Indonesia juga berpartisipasi di ajang ini. Mereka yang sudah mengonfirmasi keikutsertaannya antara lain, BRCC Banyuwangi, PGN Road Cycling Team, KGB Jakarta, dan KFC Cycling Team. Bukan hanya itu, tim nasional Indonesia dan Malaysia juga dipastikan ambil bagian dalam ajang yang memasuki tahun ke 9 tersebut.

"Ajang ITdBI ini menjadi persiapan bagi tim-tim ini untuk menambah poin menuju Olimpiade 2020 di Jepang," pungkas Guntur.

ITDBI 2019 sendiri akan dilaksanakan dalam empat etape dengan total lintasan sepanjang 520,6 KM. Di stage pertama, para rider akan menempuh lintasan sejauh 133,2 KM diawali dari RTH Maron Kecamatan Genteng menuju finish di depan Kantor Pemkab Banyuwangi.

Etape kedua menyusuri rute sepanjang 148,2 KM dari pantai Pancur di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo menuju finish di depan Kantor Pemkab Banyuwangi. Di etape ketiga, pembalap akan melakukan circuit race sejauh 109,3 KM dengan start dan finish di depan Kantor Pemkab Banyuwangi. Mereka akan mengelilingi wilayah perkotaan Banyuwangi sebanyak 12 putaran.

Selanjutnya, di etape keempat para rider akan menempuh rute neraka sejauh 129,9 KM dari pasar Purwoharjo menuju Paltuding (Ijen), Kecamatan Licin. (rnl)

Artikel Terkait