Daerah

Khofifah Kirim Tim Jamin Keamanan Warga Jatim di Papua

Oleh : Marsi Edon - Senin, 30/09/2019 18:20 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto:IST)

Surabaya, INDONEWS.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan, pihaknya mengirimkan tim guna menjamin keamanan warga Jawa Timur yang berada di Papua. Tim tersebut akan melakukan pendataan terhadap warga Jatim yang berada di beberapa daerah di Papua.

Khofifah dalam keterangannya kepada media mengatakan, tim yang dikirim ke Papua berasal dari Dinas Sosial dan Kesbangpol. Tim ini akan mendata seluruh warga Jatim yang berada di daerah Sentani serta daerah Wamena Papua.

"Kami juga mengkomunikasikan titik yang ada di Sentani dan juga titik di Wamena. Tim dari BPBD dari Dinas Sosial dan Baskembangpol bergerak ke Papua," kata Khofifah sebagaimana dilansir detiknews, Surabaya, Senin,(30/09/2019)

Lebih lanjut ia menjelaskan, tim yang bergerak ke Papua akan mendata warga Jatim berdasarkan asal daerah dan kabupatennya di Jatim. Dengan demikian, Pemerintah Provinsi Jatim lebih untuk melakukan upaya yang diperlukan untuk jaminan keamanan maupun kebutuhan lain yang mesti dipenuhi kepada warga tersebut.

Selain itu, kata mantan menteri sosial tersebut, pihak Pemprov Jatim juga akan memfasilitasi kepulangan warganya dari Papua. Pemprov akan menyiapkan armada laut atau pesawat Hercules untuk memulangkan warganya.

"Kalau memang mereka ingin kembali kita menyiapkan armada laut, kemudian juga ada hercules yang disiapkan di sana kalau mereka ingin pulang dan itu akan memberikan suasana lebih kondusif bagi mereka," jelasnya.

Pemprov Jatim, lanjut Khofifah, menjamin sepenuhnya keamanan warganya yang ada di Papua saat ini. Pemprov terus melakukan koordinasi dengan pihak keamanan maupun Pemprov Papua untuk memastikan keamanan warga yang ada di sana.

"Kita koordinasi dengab tim yang ada di Wamena. Insya Allah posisinya aman. Kemudian di Sentani mereka ada di Makodim mereka terkomunikasikan," tutupnya.*

 

 

Loading...

Artikel Terkait