Nasional

Ini Sejumlah Menteri yang Mulai Berkemas dari Rumah Dinas

Oleh : Rikardo - Sabtu, 19/10/2019 17:01 WIB

Para menteri di depan Istana Merdeka (Foto: Liputan6).

Jakarta, INDONEWS.ID - Masa kerja menteri Kabinet Kerja Jilid I segera berakhir seiring dengan prosesi pelantikan Joko Widodo dan Ma`ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Menyambut purna tugasnya, sejumlah menteri mulai berkemas dari rumah dinas yang ditempati selama ini.

Salah satu anggota Kabinet Kerja yang mulai mengemasi barangnya dari rumah dinas adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dikutip dari Antara, sejumlah petugas terlihat mengumpulkan sejumlah barang di rumah dinas Susi yang terletak di Jalan Widya Chandra V Nomor 26, Jakarta Selatan pada Sabtu (19/10) ini pukul 12.30. Barang yang sudah dikemas rapi, dimasukkan ke dalam kotak putih.

Kotak tersebut ditempatkan dalam truk berwarna putih bertuliskan nama Susi Air. Truk bernomor polisi B 9934 CDC tersebut kemudian membawa barang tersebut keluar dari rumah dinas Susi.

Selain itu, masih ada satu unit truk bernomor polisi B 9993 PQU juga disiagakan di kediaman Susi. Tapi, tidak terlihat Susi di rumah dinasnya tersebut.

Petugas keamanan di rumah dinas Susi tak memperkenankan awak media untuk mendokumentasikan kegiatan di rumah dinas tersebut.

Seperti pengakuan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Meski belum tahu akan kembali menjadi menteri atau tidak, dia memilih berkemas-kemas sedikit.

"Tidak ada perintah, tapi saya kemas-kemas barang sendiri (dari rumah dinas)," kata Basuki di Jakarta, Sabtu (19/10).

Basuki menjelaskan sudah dari sebulan yang lalu berkemas dari rumah dinas. Walaupun tidak ada perintah, Basuki berinisiatif agar tidak terlalu repot.

Tidak hanya Basuki, Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, juga sudah berbenah. Sejak satu bulan, dia memindahkan barang-barang pribadinya dari rumah dinas.

"Sebulan yang lalu kayaknya, hari ini tinggal satu dua buku lah. Sama baju masih banyak," ungkap Hanif.

Walaupun sudah berbenah, sampai saat ini Hanif masih tinggal di rumah dinas. Rencananya, kata dia, setelah Kabinet Kerja dinyatakan selesai dia baru angkat kaki.

"Ya tinggal, tapi maksudnya sudah bersih. Sekarang masih di rumah dinas. Nanti begitu selesai. Kita tinggal pergi saja, sudah gak ada barang berat saja," ungkap Hanif.

Sementara itu, kegiatan kemas-kemas juga dilakukan di rumah dinas Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang terletak di Jalan Widya Chandra Nomor 1.

Beberapa petugas terlihat membawa truk boks pelat merah memasuki rumah dinas Tjahjo. "Hanya mengangkut barang milik anak Bapak (Tjahjo) saja," kata petugas keamanan di rumah dinas Tjahjo yang enggan disebut namanya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (19/10).

Aktivitas kemas-kemas juga terlihat di rumah dinas Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga tidak ada kegiatan yang mencolok. Petugas keamanan yang tak mau menyebutkan namanya mengatakan, Puspayoga sudah berkemas sejak beberapa hari lalu.*(Rikardo).

 

Loading...

Artikel Terkait