Nasional

Wishfulthinking Capres Ke-8 2024-2029

Oleh : hendro - Rabu, 04/12/2019 14:15 WIB

Pengamat sosial dan politik Christanto Wibisono

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Jokowi dengan keras mengecam para pencari muka,yang mau menampar mukanya dan menjerumuskan dirinya dengna langkah menjilat wacana perpanjangan masa jabatan 3 periode.  Sayateringat pada pidato Presiden Sukarno 25 Februari 1965 ketika membubarkan BPS dan membreidel 21 suratkabar terkait BPS. Organisasi BPS BadanPendukung Sukarnoisme justrumau menggulingkan dan membunuh Sukarnoisme dan Sukarno. Mendalami sejarah klimaks dan antiklimaks kejayaan Bung Karno merupakan pelajaraan berharga bagi elite sekitar Jokowi 2020.  Karena Bung Karno sedang berada pada puncak kekuasaan dan kinerja luarbiasa.

 Memenangkan Irian Barat tanpa perang dengan mediasi Presiden Kennedy padda 17 Agustus 1962.Menyelenggarakan Asian Games IV Agustus 1962. Diangkat jadi Presiden Seumur Hidup pada SU MPRS II , Mei1963 beberapa hari setelah insiden rasialis 10 Mei 1963  anti Tionghoa di Bandung.Kemudian berkonfrontasi dengan Malaysia yang lahir 16 Sep 1963, yang tidak sempat didamaikan oleh alm Presiden Kennedy yang gugur 23 Nov 1963 meskipun Jaksa Agung Robert Kennedy sempan mondar mandir ingin mendamaikan Presiden Sukarnod an PM Malaysia Tengku Abdulrahman . 

Dibalik kemercusuaran sukses Irian Barat, Asian Games IV, disusul Ganefoatau Olimpiade tandingan 1963 yang mengakibatkan Indonesia diskors tidak bisa ikut Olimpiade Tokyo 1964. Semua itu hany akarena solidaritas Indonesoa menolak kehadiranIsrael dan Taiwan ke Asian Games IV di Jakarta Agustus 1962. Situasi politik domestik bagaikan api dalam sekam. Dalam suatu sidang kabinet di Istana Bogor, 1964 Chairul Saleh sempat mencabut pistoldan menantant duel Ketua CC PKI DN Aidit. 

Chairul murka sekali karena manuver Aidit membekukan partai Murba dan ofensif terhadap kubu anti komunis  dari seniman penandatatngan Manifest Kebudayaan dan kemudian BPS. Chairul Saleh mempertahankan psosisi rangkap sebagai Ketua MPRS dan Waperdam III, sedang Adam Malik dilengserkan kesmaping sebagai Menko Pelaksanaan Ekonomi Terpimpin setelah didemo oleh istri Waperdam Menlu dr Subandrio sbg Menteri Perdagangan yang gagal menstablikan harga beras 1964 -1966.Adam  Malik adalah contoh tokoh nasional kelas global yang tidak pernah menjadi ketum partai gurem (Murba)  yang “berkuasa”  secara de fakto.Artinya meski hanya beberaa orang tapi Murba bisa menjadi lingkaran dekat Presiden Sukarno secara efektif.

 Sayang Chairul Saleh terlambat terjun ke kapal Orde Baru ketika kapal Orde Lama tenggelam dan malah Chairul masuk kloter 15 menteri yang ditahan Pangkopkamtib Jendral Soeharto 18 Maret 1966 dan wafat dalam status tapolyang tidak pernah diadil pada 1967. Adam Malik sendiri hokgie manjadi Menlu 11 tahun dan ketika Sri  Sultanhamengkubuwono IC mendadak tidak bersedia jadi wapres lagi maka AdamMalik menjadi Wapres ketiga RI sampai 1983. Sebagai Menlu, Adam sempat menjadi Ketua Majelis Umum PBB 1971 yang memulihkan posisi RRT sebagai Lima Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB. Suatu posisi yangharus antri sekitar 200 tahn karena rotasi menurut 193 negara, setiap tahun  sat u negara anggota PBB. 

Bung Karno tidak pernah diplih oleh pemilihan umum, ia diangkat dengan aklamasi oleh Sidang Panitya PersiapanKemderdekaan Indonesia (PPKI) 18 Agustus 1945 dan terus menduduki jabatan kepresidenan Indonesia sampai dicabut oleh TAP MPRS 1967 digantikan oleh Pejabat Presiden Soeharto pada 12 Maret 1967. 

Setelah melengserkan bung Karno maka Soeharto seolah menyelenggarakan pemilu tapi mayoritas anggota MPR diangkat oleh Presiden dan hanya minoritas yang dipilih melalui pemilu yang juga dibatasi hanya untuk 3 partai, setelah ia terpilih pada 1973 oleh MPR hasil pemilu 1971.  Soeharto memakai Golkarsebagai kendaraan politik sejak pemilu 1971 sampai pemilu 1997 dan bercokol sbg presiden selama 32 tahun sampai 1998 Setelah  itu Golkar yang diwariskan oleh Soeharto kepada elite politik Indoensaia, tidak pernah akan mengorbitkan ketum partai Golkar jadi Presiden RI. Habibie memang kader Golkar secara de jure, tapi secara de fakto Soeharto sangat benci karena mersa dikhinati oleh Brutus dan Ken Arok yang dibesarkan olteh Soeharto tapi menikam dari belakang pada 1998.

Presiden ke3 Gus Dur melejit meskipun bukan ketum partai terbesar pemenang pemilu 1999 Inilah benang merah wiwayat suksesi elite modern Indonesia yang lebih mirip Babad Tanah Jawi, penuh intrik sesama politisi dari satu partai apalagi dari partai berbeda. Megawati hanya bisa mengambil haknya melanjutkan sisa masa jabatan PresidenGus Dur, dan menjadi petahana yang akandikalahkan oleh pendatang baru, bekas bawahan dengna partai “gurem” yangmelejit jadi partai penguasa merangkul elite Golkar satu satunya Wapres yang terpilih dua kali tidak berturut-turut. Jusuf Kalla adalah contoh uniuk poolittisi berjiwa Lazarus, bisa kalah tersingkir dari jabatan wapres ke-10 tapi kemblai jadi wapres ke-12. SBY berutung mempertahankan dua periode meski sekarang sangat kehilangan pelang mengorbitkan dinasti putranya ke rute kepresidenan 2024.

Melihat kapeda zigzag sejarah kepresidenan RI maka 2014 merupakan suatu pertarungan free for all yang sit ditebak Mungkinkah muncul presiden ke-8 yang diluar elite yang berorbit sekarang.  Adakah peluang mncurnya Jokowi versi 2024 seperti waktu Jokowi 2014?  Tampaknya  dari inventaris politisi yang malangmelintang dalam orbit ring 1 nasional maupun gubernur populer masih sulit menjatuhkan pilihan pada satu nama seperti waktu 2012 orang sudah menggunjingkan munculnya Jokowiyang baru menang di pilgub DKI 2012. 

Salah satu trobosan yang bisa mewakili wishful thinking imajiner adalah bila AHY dan Grace Natalie mengumumkan merger Partai Demokrai dan PSI menjadi Partai Solidaritas  Demokrasi   melakukan suatu rekonsilias nasional berdamai dengan masa lalu. Menyatakan penyesalan dan minta maaf kepadaseluruhkorban pelanggaran HAM sejak1945,1965 sampai 1998 dan berjanjji tidak akan terulangnya pelangggaran HAM berat semacam itu terjadi lagi di bumi Indonesia.

 Pemilihan capres akan dilakukan tetap secara langsung dan PSDI akan melakukan Konvensi terbuka bagi para capres untuk bersaing secara ksatria, jujur, terbuka dengan pasangan AHY Grace Natalie dalam pemilu 2024. Konvensi Partai Solidaritas Indonesia  terbuka untuk elite yang diseleksi oleh Panitia Konvensi Capres PSDI. Persyaratan capres cawapres adalah kriteria kinerja meritokratis global .

(Penulis Oleh: Christianto Wibisono Penulis buku Kencan dengan Karma)
 

Loading...

Artikel Terkait