Nasional

HUT ke-62, ISKA Perteguh Solidaritas dalam Kegiatan Peduli Covid-19

Oleh : very - Jum'at, 22/05/2020 23:01 WIB

V. Hargo Mandirahardjo, Ketua Presidium PP ISKA. (Foto: Tribunnews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID – Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (PP ISKA) bersama Ormas Katolik lainnya seperti Pemuda Katolik, WKRI, PMKRI dan Seknas FMKI serta beberapa Komunitas/Organisasi Profesi dan Sosial Katolik seperti PERDHAKI, BAKAT, PUKAT, PEMIKAT bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden (KSP) membentuk JKMC Jaringan Katolik Melawan Covid19 (JKMC) menyikapi situasi pandemi Covid-19 ini.

JKMM memiliki kegiatan antara lain menyalurkan APD untuk Rumah Sakit/Klinik Katolik di seluruh Indonesia dan membentuk beberapa Pokja di internal. 

PP ISKA sendiri membuka dompet ISKA Peduli untuk membeli APD, dan bantuan Sembako untuk umat/masyarakat yang terdampak Covid19. Selain itu, menyalurkan bantuan masker dan APD ke berbagai Rumah Sakit/Klinik Katolik di Indonesia. Bersama Organisasi Cendekiawan Lintas Agama juga mengkampanyekan edukasi tentang perlunya Social Distancing dan Physical Distancing, Stay at Home, dan jangan mudik. 

Sementara itu, ISKA di daerah juga bergerak melakukan kegiatan dengan membantu masyarakat dengan penyemprotan disinfektan dan bantuan sosial lainnya serta penyaluran APD ke Rumah Sakit/Klinik Katolik.

Kegiatan organisasi juga tetap berjalan walaupun perjumpaan dan aktivitas langsung secara fisik sementara dibatasi. Rapat-rapat tetap digelar melalui videocall, teleconference, menggunakan teknologi zoom, atau surat-surat via email bisa tetap dijalankan seperti biasa.

“Saya berharap dalam situasi seperti ini, dimana dampak Pandemi Covid-19 sangat berat bagi kehidupan dan aktivitas kita semua di segala bidang, kita tetap optimistis dan terus mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah, juga physical distancing, stay at home, dan WFH,” demikian disampaikan V. Hargo Mandirahardjo, Ketua Presidium PP ISKA, di Jakarta (22/5).

Bertepatan dengan ulang tahun ISKA ke-62 Tahun pada 22 Mei 2020 ini, dan dalam situasi dan kondisi pandemi Covid19, Hargo juga mengajak seluruh jajaran Pengurus dan Anggota ISKA dimanapun berada, baik di Pusat maupun Daerah untuk terus merawat komitmen kebangsaan kita. “Kita harus memperteguh solidaritas dengan sesamanya melalui kegiatan ISKA Peduli Covid19 sesuai dengan kemampuan masing-masing,” ujar Hargo.

Selain itu, semua anggota ISKA, baik di pusat maupun di daerah, diminta untuk bekerja sama dengan Pemerintah, Keuskupan/Paroki, Ormas Katolik, Ormas Lintas Agama, Rumah Sakit/Klinik, TNI, POLRI dll) dalam gerakan bersama melawan Covid-19 yang dampaknya dirasakan oleh masyarakat.

“ISKA harus terlibat aktif tidak boleh hanya menjadi penonton, bergerak dan berbuat sekecil apapun asal itu bermanfaat bagi orang lain dan dilakukan dengan ketulusan hati,” pungkasnya. (Very)

Loading...

Artikel Terkait