INDONEWS.ID

  • Sabtu, 27/10/2018 18:20 WIB
  • Perinus Tanda Tangani Kontrak Ekspor Tuna Senilai USD 15 Juta

  • Oleh :
    • very
Perinus Tanda Tangani Kontrak Ekspor Tuna Senilai USD 15 Juta
PT Perikanan Nusantara (Persero) pada Sabtu 27 Oktober melakukan penandatanganan kontrak ekspor produk Tuna ke Jepang dengan Food Trade Industry (FTI) Corp Japan. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- PT Perikanan Nusantara (Persero) pada Sabtu 27 Oktober melakukan penandatanganan kontrak ekspor produk Tuna ke Jepang dengan Food Trade Industry (FTI) Corp Japan.

Baca juga : PT Perinus Kerja Sama Penyediaan Listrik dan Pendingin dengan PT Widar

Kontrak bernilai total USD 15 juta per tahun untuk komoditi tuna sebanyak 1500 ton dilaksanakan pada acara "Promoting Indonesia Fisheries to Global Market" bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Keuangan, Umum & SDM Perikanan Nusantara Ridwan Zachrie dan Presiden Direktur  FTI Japan Narumi Kentaro.

Baca juga : Empat Pencapaian Penting PT Perinus Sepanjang 2018

“Ekspor perdana dengan FTI Japan ini akan dimulai November 2018 ini untuk tuna loin fresh sebesar 20 ton dengan nilai transaksi USD 260.000,” ujar Ridwan Zachrie.

Secara bertahap Perinus akan memenuhi target ekspor Tuna dengan FTI sebesar 300 ton dengan nilai transaksi USD 2 juta dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga : PT Perikanan Nusantara Sabet 3 Penghargaan dalam Ajang BUMN Branding dan Marketing Award 2018

(Sesi foto bersama setelah penandatanganan kontrak ekspor produk Tuna ke Jepang dengan Food Trade Industry (FTI) Corp Japan). Foto: Ist

Sebelumnya, PT Perikanan Nusantara (Perinus) pada 5 Oktober lalu melakukan ekspor gurita setelah penandatanganan perjanjian kontrak di Imperial Hotel Tokyo pada tanggal 22 Agustus 2018 dengan Perusahaan Jepang Ajhirushi. PT Perikanan Indonesia akan mengirim 2 kontainer atau setara 30 ton senilai $169.5 ribu, yang terdiri dari frozen octopus.

Proses pengiriman ini disaksikan langsung oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Wakil Gubernur Makassar.

“Kami sangat optimis kerjasama ini akan berjalan dengan baik, ekspor Gurita ini bukan yang pertama kalinya dengan perusahaan Jepang,” ujar Direktur Keuangan, Umum dan SDM PT Perikanan Nusantara (Perinus), Ridwan Jasin Zachrie.

Ridwan mengatakan, Presiden Direktur Perusahaan Ajirushi menyampaikan puas dengan kinerja Perinus yang mampu memenuhi standar gurita Jepang dan diterima pasar Jepang dengan baik. Pada Oktober 2018 ini, Perinus juga akan mulai mengekspor Tuna ke Jepang sesuai dengan nilai kontrak sebesar 15 juta USD serta kakap merah dan Tenggiri ke Singapore dengan projeksi senilai $6,5 juta.

Realisasi eksport gurita sampai dengan September 2018 PT Perikanan Indonesia 119,8 Ton atau senilai $791 ribu.

Ditambahkan Ridwan, gurita yang di ekspor berasal dari perairan Selat Makassar, Teluk Bone, Kepulauan Selayar dan Peariran Lampung Sumatera. Semua produk yang diekspor merupakan produk dari mitra nelayan Perikanan Nusantara.

“Jumlah mitra nelayan gurita Perikanan Nusantara mencapai 640 nelayan. Jumlah nelayan mitra akan bertambah pada saat pola musim gurira terjadi yaitu pada bulan September – April,” ujarnya.

Secara keseluruhan nelayan yang bermitra dengan Perikanan Nusantara sudah ada ikatan kerjasama (PKS Perdagangan). Nelayan gurita pada umumnya belum ada asosiasi yang mewadahinya. Hal ini dikarenakan mereka masih nelayan tradisional.

Produk gurita tersebut diproses pada Unit Pengolahan Ikan Perikanan Nusantara cabang Makassar yang memiliki kapasitas produksi sebanyak 5 ton per hari dengan sertifikasi HACCP (Hazard Analisis Critical Control Point) B.

PT Perikanan Nusantara (Persero) merupakan hasil penggabungan dari empat BUMN yang bergerak di bidang Perikanan, yaitu PT Usaha Mina (Persero), PT Perikani (Persero), PT Tirta Raya Mina (Persero), PT Perikanan Samodra Besar (Persero). Mereka hadir untuk negeri dan senatiasa mendukung ketahanan pangan nasional. (Very)

Artikel Terkait
PT Perinus Kerja Sama Penyediaan Listrik dan Pendingin dengan PT Widar
Empat Pencapaian Penting PT Perinus Sepanjang 2018
PT Perikanan Nusantara Sabet 3 Penghargaan dalam Ajang BUMN Branding dan Marketing Award 2018
Artikel Terkini
BNPT-Kemenhub Teken MoU Antisipasi Ancaman Terorisme di Sektor Transportasi
Akhir 2019, RI Rebut Ruang Udara Batam-Natuna dari Singapura
CMC Makin Kompak dan Solid
Jacko Si MC Geloo Dambaan Komunitas Motor
Bupati Cianjur Ditangkap KPK?
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas