INDONEWS.ID

  • Rabu, 13/11/2019 17:01 WIB
  • Bangun SDM Unggul, Menag Perkuat Literasi Digital Keagamaan

  • Oleh :
    • Rikardo
Bangun SDM Unggul, Menag Perkuat Literasi Digital Keagamaan
Direktur Jenderal Keuangan, Menteri Agama Fachrul Razi dalam

Bogor, INDONEWS.ID - Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan perkembangan teknologi dan pemanfaatan media sosial membuat pengalaman keagamaan SDM semakin kompleks, untuk itu pemerintah melalui kemeneterian agama memberikan perhatian khusus pada literasi digital dalam rangka membangun SDM Indonesia yang unggul.

Fachrul menilai perkembangan teknologi yang semakin cepat dan masifnya pergeseran minat masyarakat dalam mengakses media sosial, literasi digital menjadi penting untuk dilakukan.

Baca juga : Mendagri Terima Gelar Tuha Garu Sifaoma Bawa dari Tokoh Adat Nias

“Kami mendorong terus adanya literasi digital keagamaan, karena kecenderungan kita selain belajar dari tokoh agama seperti ustadz, juga belajar melalui internet, ini harus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Fachrul Razi dalam acara "Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkpimda Tahun 2019" di SICC, Sentul Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/19).

Dalam kesempatan tersebut ia juga melihat adanya korelasi antara era industri 4.0, disrupsi dan hubungan pembangunan Sumber Daya manusia (SDM) dari sisi keagamaan.

Baca juga : Bencana Urusan Bersama

"Bahwa hampir dari setengah total masyarakat Indonesia menggunakan Medsos untuk berinteraksi dengan masyarakat dan mencari informasi termasuk terkait dengan agama. Masyarakat sering kali lebih fokus terhadap personal dan kritis terkait agama,” jelasnya.

Di samping itu, Kementerian Agama dalam hal ini juga terus mengembangkan komunikasi, terutama generasi milenial agar terhindar dari radikalisme dengan membuat konten yang mudah dipahami milenial.

Baca juga : Aturan Menteri Agama Terkait Majelis Taklim Kontraproduktif Bagi Upaya Deradikalisasi

"Kementerian Agama juga mengoptimalkan perannya agar konten terkait agama dan keagamaan mudah diakses oleh kalangan sebagai salah satu dorongan untuk meningkatkan kualitas SDM dari sisi keagamanan," tutup Fachrul Razi.*(Rikardo)

Artikel Terkait
Mendagri Terima Gelar Tuha Garu Sifaoma Bawa dari Tokoh Adat Nias
Bencana Urusan Bersama
Aturan Menteri Agama Terkait Majelis Taklim Kontraproduktif Bagi Upaya Deradikalisasi
Artikel Terkini
Mendagri Terima Gelar Tuha Garu Sifaoma Bawa dari Tokoh Adat Nias
Bencana Urusan Bersama
Aturan Menteri Agama Terkait Majelis Taklim Kontraproduktif Bagi Upaya Deradikalisasi
Presiden Jokowi Inginkan 50 Juta Pelajar Jadi Target Kesadaran Antikorupsi
Daftar 5 Direksi Garuda yang Dipecat dan Penggantinya, Ada yang Rangkap Jabatan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
eowyn