Nasional

Kapal Motor Cepat Kodam Jaya Tenggelam di Kepulauan Seribu

Oleh : luska - Senin, 12/03/2018 16:40 WIB

Kapal Motor Cepat milik Kodam Jaya tenggelam di perairan Kepulauan Seribu (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID – Kapal Motor Cepat (KMC) AD-16-05 milik TNI AD tenggelang di perairan Kepulauan Seribu. Demikian dikatakan Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen M Sabrar Fadhilah.

"Benar,  saya mendapat laporan bahwa saat ini evakuasi sudah selesai dengan semua awak dan penumpang dalam keadaan selamat," ujar Sabrar di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Sementara itu ditempat terpisah, Kapendam Jaya Letkol Inf Kristomei Sianturi menjelaskan, kronologi kejadian itu bermula saat  kapal KMC AD-16-05 mengangkut personel Kodam Jaya dalam rangka menyiapkan kegiatan bakti sosial di Kepulauan Pramuka, Kepulauan Seribu, pada pukul 11.10 WIB.

"Jadi, kita kan mengarahkan dua kapal KMC AD-16-05 dan KMC AD-04-15. Jumlah personel ada 115 personel," jelasnya.

Saat perjalanan menuju lokasi, kata Kristomei, kapal KMC AD-16-05 mengalami mati mesin. Saat proses pemindahan penumpang dan awak kapal KMC AD-16-05 ke kapal KMC AD-04-15, situasi dan cuaca tidak baik.

“Akibat kejadian itu, tidak ada korban jiwa. semua personel selamat dipindahkan ke kapal kita satu lagi dan dibantu oleh kapal dari Kepulauan Pramuka," ungkap Kristomei.

Dalam kesempatan itu, Kristomei juga membantah soal tenggelamnya kapal KMC AD-16-05 disebabkan kelebihan muatan. Setelah mogok, kapal yang mogok itu terapung-apung di air dan kemudian tenggelam. Dari kejadian itu, tambah Kristomei, tak ada satu pun yang dilarikan ke rumah sakit terdekat. (Lka)

Artikel Terkait