BBPT Berhasil Temukan Inovasi Dibidang Kesehatan

Oleh : hendro - Rabu, 04/04/2018 17:07 WIB

Kepala BPPT Unggul Priyanto luncurkan Kit Diagnostika dan cangkang rumput laut

Jakarta, INDONEWS.ID -  Dalam rangka kemandirian teknologi di bidang kesehatan, Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) berhasil melakukan inovasi dan layanan teknologi dibidang kesehatan. Dengan diperkenalkannya inovasi Kit Diagnostika untuk deteksi penyakit demam berdarah.

“Kit Diagnostik Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu prototipe produk hasil inovasi BPPT dalam bidang kesehatan. Kit diagnostik ini dirancang untuk deteksi dini (early detection) dan deteksi non-dini penyakit DBD”, kata Unggul Priyanto Kepala BPPT, Rabu (4/4/2018).

Menurut Unggul, dengan teknik kromatoimunografi Kit Diagnostik ini dapat mendeteksi keberadaan antigen NS one (NS1). Antigen ini muncul lebih awal dibandingkan antibodi. 

Selain Inovasi Kit Diagnostik Dengue DBD, Unggul juga menjelaskan, pihaknya juga berhasil memperkenalkan Inovasi Kedua, yakni Cangkang Kapsul Rumput Laut. Inovasi kedua ini di perkenalkan BPPT pada masyarakat luas. cangkang kapsul merupakan salah satu bahan sediaan tambahan yang sangat penting dalam industri obat.

 “Cangkang kapsul rumput laut ini merupakan yang pertama di Indonesia dan hasil karya anak bangsa,” kata Unggul.

Unggul menjelaskan, pembuatan kapsul yang diformulasi dari bahan rumput laut merupakan upaya diversifikasi produk aplikasi rumput laut yang diolah di dalam negeri. Kapsul yang ada saat ini dibuat dari gelatin yang bahan bakunya adalah impor.

Dengan menggunakan bahan baku rumput laut yang sangat melimpah dan halal ini, tambah Unggul,  inovasi yang ditemukannya diharapkan mempunyai daya saing yang tinggi secara ekonomi dan dapat diterima baik oleh masyarakat. (hdr)

 

Artikel Terkait