Nasional

Kapolri dan Panglima TNI Pantau Arus Mudik

Oleh : hendro - Minggu, 10/06/2018 20:57 WIB

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memantau arus mudik di Cikopo bersama sejumlah pejabat

Cikopo, INDONEWS.ID - Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan sejumlah Menteri diantaranya Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat , Menteri Perhubungan, Ketua DPR RI, Ka Basarnas, Plt. Dirut Pertamina, Dirut Jasa Marga, Dirjen Hubdat, Ka BPJT, Asops Kapolri, Kapuspen TNI, Kadiv Humas dan Kakorlantas melakukan kunjungan kerja dan Monitoring Operasi Ketupat Lodaya 2018 di Pos Pam Terpadu Cikopo, Minggu, (10/06/2018).

Rombongan yang tiba pada pukul 09.00 WIB disambut langsung Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi didampingi Karo Ops Polda Jabar, Dir Krimsus Polda Jabar, Dir Lantas Polda Jabar, Dir Sabara Polda Jabar, Dir IK Polda Jabar, Kasat Brimob, Kabid Propam Polda Jabar, Kabid Humas Polda Jabar, Danrem Sunan Gunungjati Cirebon, Kapolres dan Waka Polres Pwk.

Kepolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si mengawali sambutannya dengan melaporkan situasi terkini yaitu operasi gabungan TNI- POLRI yang dilaksanakan dengan baik, telah mampu menciptakan kondisi yang kondusif di Jawa Barat. "Sebelumnya kegiatan juga diawali survey gabungan di tingkat Provins," katanya. 

Selain dilaksanakan pengamanan Ops Ketupat Lodaya, kata Agung, pihaknya juga melaksanakan pengamanan Gereja. Kemudian, terkait dengan Satgas Pangan di wilayah Jawa Barat dinyatakan dalam kondisi stabil. Hal ini juga didukung dengan dilakukannya operasi kejahatan jalanan pada 2 bulan yang lalu dan hasilnya cukup signifikan.

Memasuki arus mudik  lebaran, salah satu jalur mudik yang dilalui pemudik di pulau Jawa adalah tol Cipularang dan sempat terjadi laka lantas di dalam tol namun hasil penyelidikan dinyatakan tidak ada korban jiwa. Selain itu, penanganan di rest area menimbulkan kemacetan di KM 86 akibat banyaknya pemudik yang mengantri untuk istirahat.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurai kemacetan dan kepadatan lalu lintas adalah dengan kontra flow namun belum dilaksanakan. Apabila terjadi stuck maka kita lewatkan di Tol Sumber namun juga belum dilaksanakan. Sementara untuk tol Cileunyi dari 10 KM apabila padat akan dialihkan ke Gede Bage.

Sedangkan untuk Antisipasi arus balik pertemuan arus Tol Cipali akan dilakukan kontra flow. Jumlah total petugas gabungan Ops Ketupat Lodaya lk. 36.000 personil.

Kemudian, menanggapi keluhan masyarakat tentang rambu dan penerangan yang kurang saat ini sudah teratasi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D mengatakan bahwa seluruh kebutuhan masyarakat yang melakukan mudik lebaran tahun ini telah terpenuhi dan telah disiapkan baik BBM dan sebagainya. 

Tidak hanya itu body system juga telah ditingkatkan mengingat perkiraan puncak arus mudik dan puncak kemacetan akan terjadi pada tanggal 13 dan 14 Juni mendatang.

"Sehingga seluruh infrastruktur yang telah disediakan oleh pemerintah diharapkan dapat membantu kelancaran dan memberikan kenyamanan kepada para pemudik," ujarnya.

Arahan juga disampaikan oleh Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dimana segala hal yang berkaitan dengan pelayanan publik harus ditingkatkan terlebih tanggal 15 Juni mendatang akan menyambut hari raya Idul Fitri sehingga pengamanan baik arus mudik maupun balik harus dilakukan dengan tepat agar berjalan lancar.

 Selain itu pengamanan ketika salat Idul Fitri dan tempat  ibadah lainnya juga harus ditingkatkan. Tak lupa Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengajak seluruh pihak terkait untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa pemerintah siap mengamankan momen keagamaan ini. 

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berpesan untuk mengantsipasi apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan mohon dilakukan dengan kerja sama yang baik dan sesuai prosedur. Diakhir arahannya Panglima TNI mengucapkan selamat bertugas dan selalu jaga kesehatan. (Hdr)

Artikel Terkait