Nasional

KH Maruf Amin Akhirnya Pilih Non Aktif dari Ketua MUI

Oleh : hendro - Selasa, 28/08/2018 21:30 WIB

KH Maruf Amin

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk mencegah polemik mengenai Jabatan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dari dinamika politik praktis, akhirnya Ketua Umum (Ketum) MUI Prof DR KH Maruf Amin memilih non aktif dari jabatan tersebut. Demikian Waketum MUI, H.Zainut Tauhid Sa’adi. 

Menurut Zainut , keputusan tersebut semata-mata didasari pertimbangan agar posisinya sebagi Cawapres mendamping Jokowi di Pilpres 2019 tidak menimbulkan pro-kontra di masyarakat, termasuk di internal MUI.

“Beliau ingin fokus mengerjakan amanat karena dipercaya sebagai Cawapres oleh Jokowi, sebagaimana fokusnya beliau mengabdi di MUI selama ini,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Selain itu, Untuk menjaga keberlangsungan organisasi MUI, Zainut menambahkan, tampuk kepemimpinan MUI akan diemban oleh dua Wakil Ketua Umum yakni Prof Dr Yunahar Ilyas dan H.Zainut Tauhid Sa’adi,

Sementara itu, menanggapi keputusan KH Maruf tersebut, Sekjen MUI, Dr. Anwar Abbas sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh alumni Pesantren Tebu Ireng itu. 

“Sebenarnya tidak ada aturan organisasi yang mengharuskan beliau non aktif selama masa pencalonan. Namun dengan kearifannya, beliau melakukan itu,” puji Buya Anwar, sapaan akrabnya.(hdr)

Artikel Terkait