Nasional

Rudiantara: Dunia Internasional Melirik Ekonomi Digital Indonesia

Oleh : Abdi Lisa - Selasa, 09/10/2018 13:23 WIB

Menkominfo Rudiantara (Foto Ist)

Bali, INDONEWS ID – Dengan tegasnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menyampaikan bahwa internasional sudah melihat Indonesia di sistim ekonomi digital.

Itulah isu yang ditemakan di acara pertemuan tahunan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Senin (8/10).

Ia mengatakan, saat ini dunia melihat Indonesia sebagai salah satu negara yang aktif dalam ekonomi digital. Indonesia sudah berada di peta digital ekonomi dunia. Buktinya saja, ditingkat regional, ekonomi digital Indonesia menjadi panduan Negara Asean.

Melalui ekonomi digital banyak sekali yang diperoleh. Pada kesempatan ini saya mendapat kehormatan berbicara tentang ini (digital ekonomi)," tutur Rudiantara saat mengunjungi ruang press center IMF, World Bank.

Ia memberikan contoh bahwa bukti penerapan sistim digital ekonomi adalah terbukanya lapangan pekerjaan.

"Seperti ojek online, banyak lapangan pekerjaan yang ada. Selain itu, transportasi lain yang berbasis digital, belum lagi kemunculan startup. Kita ada 180 juta orang di Indonesia yang minimal memiliki satu ponsel, tetapi tidak lebih dari 100 juta orang Indonesia yang memiliki rekening di bank,” ujarnya kepada jurnalis.

Masih menurutnya, bahwa pelayanan keuangan tidak harus dari perbankan. Inilah yang sedang didorong olehnya. (Abdi.K)

Artikel Terkait