Nasional

Peringati Sumpah Pemuda, Astra International Kembali Gelar Satu Indonesia Award

Oleh : Ronald - Jum'at, 26/10/2018 23:25 WIB

Penerima SATU Indonesia Awards 2010 Amilia Agustin si Ratu Sampah (kedua kiri) berbagi inspirasi bersama Penerima SATU Indonesia Awards 2014 Irwan Bajang si Penular Virus Menulis (kiri) didampingi Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk sekaligus Juri SATU Indonesia Awards 2018 Boy Kelana Soebroto (kedua kiri) dengan moderator artis dan entrepreneur Dian Sastrowardoyo di depan ratusan IdeaFriends dalam IdeaTalks 9th SATU Indonesia Awards 2018 di Jakarta (26/10). Bincang inspiratif ini mengusung tema Light of Hope For Indonesia: Inspiring Community, Empowering Change.

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober, PT Astra International Tbk berkolaborasi dengan festival kreatif tahunan IdeaFest 2018 menggelar SATU Indonesia Awards. Acara ini merupakan sebuah bentuk apresiasi bagi generasi muda yang menginspirasi melalui berbagai kategori di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Wirausaha, Teknologi dan Kelompok.

Perhelatan ini resmi digelar dan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf di Jakarta Convention Center pada Jumat, (26/10).

Dengan mengusung tema “C”,yang dapat merepresentasikan banyak hal dalam perkembangan industri kreatif di Indonesia. IdeaFest 2018 mempertemukan berbagai insan kreatif lintas industri skala nasional dan internasional dengan menyajikan lebih dari 102 sesi beserta 230 profil inspiratif.

 

Sementara itu, dalam bincang inspiratif dengan mengangkat tema Light of Hope for Indonesia: Inspiring Community, Empowering Change, turut melibatkan dua anak muda inspiratif yang pernah menerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2010, Amilia Agustin (Inisiator Go To Zero Waste School, Bandung, Jawa Barat), dan juga penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2014, Irwan Bajang (Inisiator Indie Book Corner, Sleman, Jawa Tengah).

Amilia Agustin merupakan salah satu dari sekian banyak anak muda Indonesia. Tahun 2010, Amilia menerima penghargaan SATU Indonesia Award di bidang lingkungan dari PT Astra International Tbk. Salutnya, sampai sekarang Ami, sapaan akrabnya, terus menunjukkan keuletannya dalam tiap aktivitas yang dia geluti. Passion yang dimilikinya untuk memberikan kontribusinya yang positif untuk lingkungannya inilah yang membuatnya diganjar mendapatkan apresiasi tersebut.

"Ketika memiliki ide dan passion, jangan tunggu besok dan jangan banyak alasan,” ujar penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2010 dalam bincang inspiratif hari ini (26/10).

Sementara itu, Irwan Bajang juga pernah menerima apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2014 karena kontribusinya kepada dunia tulis-menulis melalui penyelenggaraan taman bacaan dan kelas bedah naskah. Dimana dalam kelas ini, secara langsung dapat memberikan masukan kepada penulis-penulis muda agar mendapatkan motivasi dan hasil yang baik dalam tulisannya dilihat dari sudut pandang banyak orang.

“Kolaborasi dibutuhkan untuk mempercepatan penyebaran virus cinta dunia tulis-menulis di Indonesia," tutur Irwan.

Tidak hanya menghadirkan dua anak muda penuh inspiratif, acara bincang ini juga turut melibatkan Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk sekaligus juri untuk SATU Indonesia Awards 2018, Boy Kelana Soebroto yang dimoderatori oleh artis dan entrepreneur Dian Sastrowardoyo dalam bincang inspiratif dengan tema Light of Hope for Indonesia: Inspiring Community, Empowering Change. (ronald)

 

 

Artikel Terkait