Sosial Budaya

Tekuluk Ramaikan Promosi Jambi di Smesco Indonesia

Oleh : Ronald - Jum'at, 09/11/2018 15:10 WIB

Tekuluk adalah penutup kepala wanita berbahan dasar kain. Biasanya, tekuluk menggunakan batik atau songket buatan setempat.

Jakarta, INDONEWS.ID - Smesco Indonesia menampilkan fashion show dan demo Tekuluk pada pameran batik dan pakaian adat yang bertajuk “Promosi Jambi“ yang rencananya akan digelar akhir November ini.

“Mengapa kami mengangkat tema ini, karena ini sebagai bagian dari tugas Smesco untuk mempromosikan apa yang menjadi potensi daerah,” kata Direktur Utama Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi di Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Tekuluk adalah penutup kepala wanita berbahan dasar kain. Biasanya, tekuluk menggunakan batik atau songket buatan setempat.

Tekuluk merupakan warisan leluhur yang mulai ditinggalkan. Seiring perkembangan waktu, tekuluk mengalami perubahan bentuk. Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 98 jenis tekuluk di Jambi.

Keberadaan tekuluk sendiri diketahui ada sejak zaman Kerajaan Melayu, yakni sebuah kerajaan di Pulau Sumatera sekitar abad ke-7. Pada masa itu, tekuluk digunakan kaum ibu dalam berbagai kegiatan dan kesempatan.

Event Promosi Jambi akan menampilkan beragam kegiatan menarik yang layak disaksikan. Sesuai namanya, Promosi Jambi lebih dikhususkan untuk mengeksplore potensi Jambi kepada masyarakat luas.

Selain fashion show dan demo tekuluk, Promosi Jambi juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan tarian adat, lagu daerah, pementasan Dul Muluk (teater tradisional) yang akan turut meramaikan acara.

“Kami berharap dengan diadakannya kegiatan Promosi Jambi ini para UKM dapat meningkatkan omzet penjualan. Sebab momentum seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh para buyer dalam dan luar negeri,” tutur Emilia. (ronald)

 

Artikel Terkait