Nasional

Bersama Tim Gabungan, BNPB Fokus Lakukan Evakuasi Dan Pencarian Korban Tsunami Anyer

Oleh : Ronald - Senin, 24/12/2018 13:55 WIB

Diduga masih ada korban yang berada di bawah reruntuhan bangunan dan material yang dihanyutkan tsunami.

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya pada Senin (24/12/2018) menegaskan bahwa evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban terus dilakukan. Penanganan darurat terus dilakukan di daerah yang terdampak tsunami di Selat Sunda.

Disampaikan Sutopo, diduga masih ada korban yang berada di bawah reruntuhan bangunan dan material yang dihanyutkan tsunami. Pos kesehatan, dapur umum, dan pengungsian didirikan di beberapa tempat. Bantuan logistik juga terus disalurkan.

Tidak hanya itu, Sutopo menambahkan, ribuan personil gabungan dari TNI, Polri, BNPB, Basarnas, Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BPBD, SKPD, NGO, relawan dan masyarakat dan lainnya melakukan penanganan darurat. Kepala Daerah memimpin penanganan darurat di daerahnya.

"Untuk evakuasi dikerahkan alat berat 7 unit excavator, 12 unit dump truck, 2 unit loader. Dalam mobilisasi ke lokasi bencana 1 unit excavator, 1 dozer, 1 loader, 1 grader, 2 tronton, dan 4 dump truck," sebutnya.

"Panjang dan luasnya daerah terdampak masih diperlukan tambahan alat berat dan personil untuk membantu evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban," tandas Sutopo. (ronald)

 

Artikel Terkait