Nasional

Kemenhan Terima Helikopter AKS dan Pesawat Udara CN235-220 MPA

Oleh : Syailendra - Kamis, 24/01/2019 20:05 WIB

Penyerahan Heli AKS dan Pesud CN 235 MPA oleh PT. Dirgantara Indonesia (Persero) kepada Kementerian Pertahanan


Indonews - Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) menerima 5 unit Helikopter AKS dan 1 unit Pesawat Udara CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI). serah terima tersebut ditandatangani Direktur Niaga PTDI, Irzal Rinaldi, diserahkan kepada Kabaranahan Kemhan RI Laksamana Muda TNI Agus Setiadji mewakili Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

"Penyerahan Heli AKS dan Pesud CN 235 MPA oleh PT. Dirgantara Indonesia (Persero) kepada Kementerian Pertahanan merupakan salah satu program pembangunan kekuatan pertahanan yang dialokasikan melalui Pinjaman Luar Negeri atau Kredit Ekspor dari dua Renstra yaitu TA," kata Menhan dalam sambutannya yang dibacakan Kabaranahan Kemhan RI Laksamana Muda TNI Agus Setiadji di Hanggar Rotary Wing KP II PTDI, Jalan Pajajaran Nomor 154, Bandung pada Kamis, (24/1/2019).

Menhan menilai, Heli AKS telah dilengkapi dengan Full Mission untuk melaksanakan fungsi asasi sebagai Anti Kapal Selam dan Pesud CN 235 juga memiliki kemampupuan sebagai pesawat pengintai. Tidak hanya itu, kehadiran Heli AKS dan Pesud CN 235 MPA ini sangat kita tunggu-tunggu untuk melengkapi kebutuhan pertahanan NKRI.

"Mengingat luasnya perairan Indonesia dan padatnya lalu lintas kapal yang harus diawasi dan dijaga maka dibutuhkan juga unsur patroli menggunakan udara untuk mengantisipasi kemungkinan penyusupan musuh dari perairan di atas maupun bawah perairan, baik menggunakan Heli AKS maupun pesud MPA," jelas Agus Setiadji.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi langkah Kementerian Pertahanan yang membeli alutsista dari PTDI.

`Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan terima kasih kepada Kemhan karena telah mengorder alusista tersebut," ujar Rini. Tidak hanya itu,Rini juga berharap agar Kemhan dapat memaintaince barang - barang tersebut di PTDI.

Artikel Terkait