Bisnis

Menhub Setuju Usulan Presiden Jokowi Agar Maskapai Asing Masuk Indonesia

Oleh : Ronald - Kamis, 06/06/2019 02:15 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan agar maskapai asing dapat masuk ke Indonesia. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurutnya, saran Jokowi untuk memasukkan perusahaan maskapai asing bagus.

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebagai upaya untuk menurunkan tingginya tiket penwrbangan lokal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan agar maskapai asing dapat masuk ke Indonesia.

Sebagaiman kita ketahui, belakangan ini masyarakat pengguna transportasi udara banyak mengeluhkan tingginya harga tiket pesawat yang diberlakukan oleh maskapai dalam negeri.

Usulan tersebut disambut baik oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurutnya, saran Jokowi untuk memasukkan perusahaan maskapai asing bagus.

Sebab, dengan bertambahnya pemain maka industri penerbangan bisa bersaing lebih baik. Namun dia menjelaskan bahwa izin perusahaan asing nantinya harus bekerja sama dengan entitas lokal.

"Saran presiden untuk maskapai asing, itu saran yang baik karena bukan asingnya, tetapi kompetisinya. Kompetisi itu kalau ada, maka ada keseimbangan baru demand and supply. Harga akan jadi lebih fair. Kalau supply sedikit, demand banyak, harga tinggi," ungkap dia dI Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Hal ini sesuai dengan teori ekonomi, supply dan demand. Semakin banyak tersedianya pilihan maka semakin beragam harga yang ditawarkan, termasuk tersedianya harga ekonomis.

Dia menjelaskan bila perusahaan maskapai asing mau masuk maka ada izin yang mesti dipatuhi, yakni bekerja sama dengan perusahaan lokal.

“Perusahaan mana pun terkait asing, harus 51%. Ownership (kepemilikan)-nya harus dengan orang lokal. Nggak mesti dengan orang yang punya bisnis penerbangan," tandasnya. (rnl)
 

Artikel Terkait