Daerah

Komite I DPD Gelar Uji Sahih RUU Daya Saing Daerah

Oleh : Mancik - Rabu, 26/06/2019 16:27 WIB

Komite 1 Dewan Perwakilan Daerah(DPD) Melakukan Uji Sahih Rancangan Undang-Undang(RUU) Daya Saing Daerah. (Foto: Jawapos.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komite I Dewan Perwakilan Daerah(DPD) menggelar uji sahih rancangan undang-undang(RUU) Daya Saing Daerah. Kegiatan ini dilaksanakan pada selasa (25/06) di Aulah Fisip USU, Medan, Sumatra Utara.

Dalam kegiatan ini, senator Fahira menjelaskan, daerah harus siap menghadapi persaingan global. Untuk menghadapi persaingan tersebut, daerah dituntut untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan daya saingnya.

"Daya saing dapat tumbuh dengan baik bilamana didukung oleh infrastruktur yang memadai dan merata. Karena itu butuh dukungan birokrasi yang profesional dan beriorientasi pada pelayanan," kata Fahira, Jakarta, Rabu, (26/06)

Senator asal Sumut Badikenita Sitepu dalam kegiatan ini menjelaskan, Sumatra Utara merupakan daerah yang dipilih oleh komite I DPD dalam proses uji sahih RUU Daya Saing Daerah. Adapun daerah lainnya yakni Provinsi Bali.

Alasan pemilihan Sumut dalam proses ini yakni Daya saing Sumut yang cukup bagus. Selain itu, DPD juga ingin mendapatkan masukan lebih dari masyarakat terkait dengan pembentukan undang-undang Daya Saing Daerah tersebut.

Sementara itu,Dekan FISIP USU Muryanto Alim menegaskan, Sumatra Utara merupakan salah provinsi yang memiliki berbagai macam potensi. Karena itu, keberadaan Sumut sangat strategis dalam konteks daya saing daerah.

Selama ini, jelas Muryanto, pemerintah daerah selama ini memiliki niat untuk mengembangakan berbagai macam investasi di daerah. Tetapi, keinginan tersebut perlu diperkuat dengan ketentuan regulasi yang jelas.

Ia juga menambahakan, begitu banyak kendala yang dihadapi oleh pemerintah daerah terutama di Sumut untuk meningkatkan daya saing daerah. Salah satunya yakni masalah aparatur pemerintahan daerah.

"Terutama birokrasi aparatur perlu mengelola berbagai peluang atau potensi investasi Daerah dengan optimal untuk peningkatan pembangunan daerah," jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan uji sahih RUU Daya Saing Daerah ini terselenggara atas kerja sama Komite I DPD RI dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU).

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya DPD RI Jacon Esau Komiigi (Papua Barat sekaligus unsur Pimpinan Komite I DPD RI), H. Muhamad Idris (Kaltim), Nofi Candra (Sumbar).

Selain itu, hadir juga senator Andi Surya (Lampung), Muh. Sofwat Hadi (Kalsel), Abdul Gafar Usman (Riau), Napa J Awat (Kalteng), Abudul Aziz (Sumsel), dan Yanes Murib (Papua).*(Marsi Edon)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait