Nasional

Danjen Kopassus Lantik 150 Siswa Angkatan 103 Jadi Prajurit Kopassus

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 14/08/2019 22:01 WIB

Prajurit Kopassus TNI AD (Ilustrasi - Foto: Ricardo, JPN.com)

Cilacap, INDONEWS.ID – Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa resmi menutup pendidikan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) angkatan 103 tahun 2019 di Pantai Permainan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu, (14/8/19).

Acara penutupam kegiatan pendidikan yang diawali dengan longmarch sejauh 500 kilometer dari bandung hingga Cilacap ini sekaligus menjadi puncak dari seluruh rangkaian acara yakni pelantikan bagi 150 siswa pendidikan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) angkatan 103.

Dari total 177 siswa yang mengikuti Pendidikan Komando Pasukan Khusus, sejumlah 150 dilantik menjadi prajurit Kopassus.

Kegiatan pelantikan ini dihadiri Unsur Forkopimda Cilacap, Kepala BUMN/BUMD Cilacap dan sejumlah petinggi Kopassus beserta pengurus.

Pelantikan ditandai dengan pemasangan baret merah oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa kepada 150 prajurit sebagai tanda secara resmi berhak memakai brivet komando dan menyandang baret merah. Prajurit yang lolos terdiri dari, 24 Perwira, 108 Bintara dan 18 Tamtama.

Dalam kesempatann itu, Danjen Kopassus mengucapkan selamat kepada seluruh prajurit yang telah lulus mengikuti pendidikan komando ini.

“Semoga brivet komando yang telah kalian sandang dan janji komando yang telah kalian ikrarkan dapat mendorong serta memotivasi untuk siap mengabdikan diri di satuan Kopassus,” ucapnya.

Danjen berpesan kepada seluruh prajurit agar terus memelihara kemampuan fisik dan kesehatan sehingga program pembinaan dan peningkatan kemampuan bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Menurut Danjen, untuk menjadi seorang petarung yang hebat, harus selalu disiplin, memiliki fisik yang prima serta terus belajar dan berlatih sehingga siap ditugaskan dengan baik.

Pembaretan diwarnai isak tangis haru dan bahagia oleh keluarga para prajurit terlantik yang mengikuti serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan.

Penutupan diisi hiburan unjuk kebolehan prajurit mulai dari menjinakkan ular berbisa hingga peragaan bela diri yang disaksikan Danjen Kopassus dan para tamu undangan lainnya.* (Rikardo)

Artikel Terkait