Pojok Istana

Jokowi Pastikan Kunjungan Raja Malaysia Perkuat Hubungan Diplomatik RI-Malaysia

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 27/08/2019 21:32 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Raja Malaysia Seri Paduka Baginda The Yang Dipertuan Agong XVI, Al- Sultan Abdullah Ri’ayatauddin Al Mustafa Billah Shah Ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah Al- Musta’in Billah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019). (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Bogor, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Raja Malaysia Seri Paduka Baginda Yang Dipertuan Agong XVI, Al- Sultan Abdullah Ri’ayatauddin Al Mustafa Billah Shah Ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah Al- Musta’in Billah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Kedatangan Raja Malaysia bersama istrinya Seri Paduka Baginda Raja Permaisuri Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah berserta rombongan diterima dengan sambutan kenegaraan dimulai pukul 10.30 WIB oleh pasukan berkuda dan anak-anak dengan baju adat di halaman depan Istana Bogor.

Sultan Abdullah merupakan raja ke-16 Malaysia. Dia menggantikan Sultan Muhammad V yang mengundurkan diri pada 6 Januari 2019 setelah dua tahun bertahta sebagai Kepala Negara Malaysia.

Sultan Abdullah terpilih sebagai raja pada pertemuan khusus Konferensi Penguasa pada 24 Januari 2019, dan dilantik pada 31 Januari 2019. Namun, upacara penobatan sebagai raja secara resmi baru terjadi pada 30 Juli 2019.

Jokowi, dalam sambutannya mengatakan, pemerintah Indonesia merasa terhormat karena kehadiran Raja Malaysa. Menurut Jokowi, kehadiran Raja Malaysia dan delegasi akan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

"Kami merasa terhormat menerima kunjungan Sri Baginda dan Permaisuri beserta delegasi. Kehadiran Sri Baginda saya pastikan akan mempererat hubungan kedua negara kita, Malaysia dan Indonesia," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada acara makan siang bersama Raja Malaysia dan delegasinya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Sementara itu, Raja Malaysia dalam sambutannya menyampaikan, Raja Malaysia menyebut sambutan yang diberikan Jokowi dan masyarakat Indonesia sangat baik

"Saya serta permaisuri ingin memberikan setinggi-tinggi penghargaan kepada yang pertama Bapak Joko Widodo dan Iriana dan seluruh rakyat Republik Indonesia atas sambutan yang penuh istiadat dan luar biasa setelah lawatan negara saya dan permaisuri Malaysia hari ini," ucap Raja Malaysia.

Ia pun mendoakan agar Jokowi dan Iriana diberikan kesehatan. Kemudian ia berharap hubungan Indonesia dengan Malaysia tetap harmonis.

"Semoga hubungan dua negara antara Malaysia dan Indonesia senantiasa terpelihara serta dianugerahkan kemakmuran, keharmonian, dan kesejahteraan yang berkekalan," kata Raja Malaysia.

"Dengan ini saya menjemput ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian untuk bersama-sama menyampaikan ucapan selamat dan kesejahetraan, terutama kepada yang utama, Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana serta seluruh rakyat Republik Indonesia," sambungnya*(Rikardo)

Artikel Terkait