Daerah

Asap Tebal Menimpa Riau, Moeldoko: Itu Datang dari Allah, Maka Jangan Ngeluh

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 16/09/2019 20:30 WIB

MDK Sukabumi mendeklarasikan dukungannya pada pasangan Jokowi-Moeldoko pada Pilpres 2019. (foto: detik)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kabut asap tebal hampir menimpa seluruh wilayah Sumetera dan Kalimantan yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Isu ini menjadi ancaman serius bagi Indonesia beberapa waktu terakhir.

Berbagai dampak buruknya pun telah terjadi, antara lain, ribuan bayi terserang infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA, jadwal penerbangan ditunda, hingga F1 di Singapura terancam batal karena kabut asap di Indonesia sampai ke Malaysia dan Singapura.

Merespon fenomena itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pun akhirnya buka suara. Melalui akun Twitter pribadinya, Moeldoko mengunggah kutipan surat Al Baqarah tentang bencana.

Terjemahan dari kutipan ayat tersebut berbunyi: "Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) Orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan `Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun` (QS. Al Baqarah: 155-156)".

Moeldoko menulis: "Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala musibah datangnya dari Allah SWT dan diperuntukkan untuk hambaNya yang Ia percayai dengan porsiNya masing-masing. Musibah bisa datang kapan saja, kepada siapa saja, dan dimana saja," demikian bunyi twit di @Dr_Moeldoko, Jumat (13/9/2019).

Tak cukup sampai di situ, pria kelahiran Kediri itu juga mengingatkan warga yang menjadi korban kabut asap untuk tetap bersabar dan tak berhenti berdoa. Bukan tanpa sebab, menurut Moeldoko musibah kabut asap yang menimpa sejumlah wilayah Pekanbaru, Riau adalah takdir Yang Maha Kuasa.

"Dan yang perlu kita lakukan bukannya mengeluh tapi berusaha menjalaninya dengan ikhlas dan berdoa meminta pertolongan Allah SWT. Termasuk musibah yang menimpa Pekanbaru, Riau yang sedang terjadi juga datangnya pun dari Allah SWT," imbuhnya.

Di akhir cuitannya, Moeldoko pun memanjatkan doa kepada para korban kabut asap supaya tetap diberi ketabahan dan keselamatan.

"Al-Fatihah untuk seluruh saudara-saudara yang terkena musibah di sana, semoga selalu diberi ketabahan dan keselamatan. Aaamiin Ya Rabbal `Alaamiin," pungkasnya.*(Rikardo).

 

Artikel Terkait