Nasional

Calon Rektor Budi Wiweko Beri Solusi Soal Masalah Radikalisme di Universitas Indonesia

Oleh : Mancik - Minggu, 22/09/2019 20:01 WIB

Calon rektor Universitas Indonesia Budi Wiweko.(Foto:IST)

Jakarta,INDONEWS.ID - Guru besar Budi Wiweko memberikan solusi konkret terhadap masalah radikalisme yang masih mengakar kuat di kampus Universitas Indonesia. Jawaban konkret tersebut akan diberikan melalui mata kuliah ALIVE Project bagi seluruh mahasiswa di kampus tersebut.

Dalam keterangannya ia menjelaskan, mata kuliah ini akan memberikan kesadaran baru bagi mahasiswa UI tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui mata kuliah ini juga, mahasiswa diajarkan tentang nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme.

"Nanti mahasiswa kita ajarkan mata kuliah terkait sejarah penyebaran agama, budaya bangsa, nilai nilai 4 konsensus dasar bangsa melalui seni budaya dan olahraga, serta inspirasi-inspirasi dari Diaspora untuk membentuk karakter mahasiswa UI sebagai calon pemimpin bangsa," kata Budi dalam keterangan tertulisnya," Jakarta, Minggu,(22/09/2019)

Masalah radikalisme, menurutnya, merupakan persoalan besar yang menjadi salah satu tantangan dalam membangun UI sebagai pilihan terbaik untuk menimba ilmu pengetahuan di Indonesia. Masalah ini mesti diberikan solusi dengan tepat untuk mengembalikan karakter generasi muda Indonesia sesuai dengan budaya asli Indonesia.

Alive ini merupakan kepanjangan dari Art, Leadership, Innovative, Value Creation dan Empathy. Harapan besar dari program nyata ini yakni membentuk mahasiswa UI sebagai generasi yang unggul, berkarakter pemimpin, inklusif, dan mencintai budaya Indonesia.

Adapun mekanisme pemberian mata kuliah ini, diberikan sejak mahasiswa memulai kuliah di UI. Hal ini bertujuan untuk menanamkan sejak dini kepada mahasiswa tentang nilai-nilai kebangsaan dan konsep besar konsensus kebangsaan Indonesia.

"ALIVE Project akan dimulai dari semester awal dan nanti mahasiswa akan kita beri tugas untuk pertunjukan seni budaya yang akan memperebutkan Piala Rektor," jelas pria yang akrab disapa Iko tersebut.

Inovasi UI ALIVE Project ini juga merupakan bagian dari pengembangan kemampuan soft skill mahasiswa yang sangat diperlukan bagi calon pemimpin bangsa ini ke depan. Selain itu, program ini diharapkan untuk menghilangkan masalah radikalisme yang telah mengakar kuat di kampus negeri tersebut.

"Diharapkan dari program yang inovatif ini, bibit bibit paham radikalisme dan intoleransi pada mahasiswa akan berkurang dan muncul rasa bangga terhadap NKRI," tutupnya.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait