Politik

PDIP Dukung Kader Golkar Bambang Soesatyo Jadi Ketua MPR

Oleh : Marsi Edon - Kamis, 03/10/2019 06:01 WIB

Anggota Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo.(Foto:Tribunnews.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Politisi PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyatakan, PDIP mendukung kader Golkar Bambang Soesatyo(Bamsoet) menjadi ketua MPR. Pernyataan dukungan disampaikan atas arahan yang telah disampaikan Ketua Umum partai pemenang pemilu ini, Megawati Soekaro Putri.

"Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Basarah kepada media, Jakarta, Rabu,(2/10/2019) kemarin.

Menurut Basarah, PDIP sebagai partai pemilu tidak mungkin mengambil semua jatah pimpinan lembaga negara. PDIP telah menempati kursi pimpinan DPR, maka kursi pimpian MPR diberikan kepada anggota fraksi Golkar.

"PDIP meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila bukanlah the winner takes (it) all (pemenang pemilu mengambil semua), sehingga kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin oleh kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan," ungkap Basarah.

Lebih lanjut Basarah menjelaskan, dukungan partai kepada anggota fraksi Golkar diberikan dengan beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut diantaranya yakni meminta pemilihan ketua MPR dilakukan dengan prinsip musyawarah untuk mufakat.

"PDI Perjuangan meminta agar pemilihan Ketua MPR harus dilakukan secara musyawarah dan mufakat serta sedapat mungkin menghindari voting," kata Basarah.

Ia juga menambahkan, saat ini PDIP memberikan kesempatan kepada Golkar untuk melakukan lobi-lobi politik dengan fraksi lain. Lobi ini dilakukan bertujuan mendapatkan pemahaman yang sama terkait mekanisme pemilihan ketua MPR melalui musyawarah.

PDI Perjuangan juga, jelas Basarah, meminta kepada Bamsoet untuk mendukung rencana amandemen terbatas terhadap UUD 1945. Amandemen diperlukan dalam rangka menetapkan haluan negara sebagai acuan utama pembangunan nasional.

"PDI Perjuangan juga meminta Bamsoet mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk hadirkan Haluan Negara melalui Ketetapan MPR, " jelasnya.

Terhadap program sosialisasi empat pilar kebangsaan, kata Basarah, mesti dilanjutkan oleh MPR selama lima tahun ke depan. Hal ini penting aagr masyarakat memahami lebih dalam tentang pancasila dan pelaksanaan di masyarakat.

Selain itu, komitmen dan konsisten memberikan dukungan penuh kepada pemerintahan Jokowi selama lima tahun ke depan. Dukungan diperlukan agar agenda pemerintah dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi yang disampaikan oleh presiden terpilih.

"Kemudian melanjutkan dengan sungguh-sungguh program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang digagas pada awalnya oleh HM Taufiq Kiemas serta mendukung MPR untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPIP dalam tugas-tugas pembinaan ideologi bangsa," tutupnya.

Loading...

Artikel Terkait