Nasional

Peluang Indonesia Menjadi Negara Kuat Secara Ekononomi di Dunia

Oleh : Mancik - Selasa, 15/10/2019 17:30 WIB

Wakil Satgas Nusantara Polri,Brigjen Muhammad Fadil Imran. saat mengisi seminar kepemudaan di Gedung Joeng.(Foto:IST)

Jakarta,INDONEWS.ID - Wakil Satgas Nusantara Polri,Brigjen Muhammad Fadil Imran, membicarakan peluang Indonesia menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terkuat di dunia dalam beberapa tahun ke depan. Peluangnya sangat terbuka melihat beragam potensi yang dimiliki oleh Indonesia saat ini.

Menurut Fadil, ada tiga kekuatan utama yang menjadi kekuatan Indonesia untuk menjadi salah satu negara dengan ekonomi yang kuat di dunia. Dengan ketiga faktor tersebut, Indonesia terbuka peluang bersaing dengan negara lain.

"Kita memiliki peluang menjadi negara terkuat di dunia karena kita memiliki jumlah penduduk ke empat terbesar di dunia," kata Fadil saat menjadi pembicara dalam seminar nasional dengan tema` Pemuda untuk
Pembangunan: Tantangan Sumber Daya dan Kepemimimpinan Pemuda di Gedung Joeng, Jakarta Pusat, Selasa,(15/10/2019)

Selain memiliki jumlah penduduk yang besar di dunia, kata Fadil, Indonesia juga memiliki potensi Sumber Daya Alam. Potensi SDA ini menjadi salah kekuatan besar untuk dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat dalam rangka menjadikan Indonesia sebagai negara kuat secara ekonomi.

"Kita memiliki Sumber Daya Alam, baik di darat maupun di lautan. Kita punya tambang, punya kekayaan laut, punya hasil hutan untuk peningkatan ekonomi," jelas Fadil.

Ia menambahkan, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Indonesia dengan wilayah yang sangat luas ini, merupakan satu kekuatan dalam rangka menopang pembangunan ekonomi nasional.

Suasana pembukan seminar kepemudaan di Gedung Joeng, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, Fadil menjelaskan, Indonesia telah terbiasa dengan proses demokrasi berupa pemilihan langsung, baik pemilu presiden dan wakil presiden maupun pemilu legislatif. Keberhasilan Indonesia melaksanakan pemilu, kata Fadil, merupakan satu kekuatan menjaga pertumbuhan ekonomi.

Namun, ia menegaskan, untuk mewujudkan negara dengan ekonomi yang kuat, Indonesia mesti memiliki pemerintahan yang kuat. Semua anak bangsa mesti memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga dan memajukan stabilitas politik maupun ekonomi.

Fadil percaya, mahasiswa Indonesia merupakan generasi penerus yang selalu memberikan catatan perubahan bagi bangsa. Karena itu, ia berharap, mahasiswa Indonesia mampu memberikan kontribusi nyata dalam penyelenggaraan pembangunan nasional demi mewujudkan Indonesia yang kuat secara ekonomi.*

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait