Nasional

Menteri BUMN Gabungkan 8 Perguruan Tinggi Jadi BUMN Universities

Oleh : Ronald T - Jum'at, 18/10/2019 13:30 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno. (Foto : Antara)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN bersinergi mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Air. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mendirkan BUMN Universities.

Ada delapan perguruan tinggi yang bergabung menjadi BUMN Universities ini, diantaranya Universitas Pertamina, Telkom University, ITT Surabaya, STIMLOG, Poltekpos, Universitas Internasional Semen Indonesia, STT-PLN, dan BRI Institute. Nantinya delapan kampus ini tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (Aperti BUMN). 

"Selama ini kan kita tahu masih terpecah-pecah. Masing-masing BUMN punya universitas sendiri. Ini kemudian yang mendorong saya untuk melakukan transformasi di mana kita bersatu, harus di bawah satu payung, tinggal nanti dibagi per fakultas," kata Menteri BUMN, Rini Soemarno dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/10/2019).

Menurut Rini, penggabungan ini penting karena setiap kampus BUMN memiliki spesialisasi bidang keilmuan, sehingga bisa dibuat sistem fakultas. Namun, dia mempertimbangkan bagi kampus yang sudah lama berdiri dan mandiri seperti Telkom University tidak digabung.

"Untuk yang baru kebentuk dan mau dibentuk, kita jadikan ini sebagai wadah satu payung. Nantinya kita bagi per fakultas sesuai sektor-sektornya misalnya pertambangan, pertanian, dan lain-lain," tuturnya.

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan kementerian BUMN mendukung kampus-kampus naungan BUMN untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dan juga memberikan kontribusi untuk menyediakan SDM unggul Indonesia Maju yang sejalan dengan misi Presiden Joko Widodo.

"Sejalan dengan itu, kualitas tenaga pendidik juga kita tingkatkan sehingga kita bisa mencetak SDM unggul dan berkualitas," tandasnya.

Loading...

Artikel Terkait