Daerah

Hutan Gunung Anjosmoro Jombang Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Oleh : Marsi Edon - Selasa, 22/10/2019 06:30 WIB

Kebakaran hutan melanda wilayah Gunung Anjasmoro daerah Jombang.(Foto:Detik.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Bencana kabakaran melanda hutan di wilayah Gunung Anjasmoro daerah Jombang seluas 65 hektar. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran hutan tersebut. Jakarta, Selasa,(22/10/2019)

Menurut Supervisor Pusdalops BPBD kabupaten Jombang Stevie Maria, kabakaran yang melanda wilayah Gunung Anjasmoro ini terjadi sejak hari Minggu yang lalu. Pihaknya, belum menemukan penyebab pasti dari kebakaran tersebut.

Melansir detikcom, lokasi kebakaran tersebut terjadi di daerah Cemoro Sewu, Gunung Anjasmoro, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam. Akibat dari kebakaran tersebut, hutan dan tanaman penyangga mata air di wilayah tersebut ikut terbakar.

Sementara itu,Humas KPH Perhutani Jombang Priyono menerangkan, kebakaran ini telah memasuki wilayah Perhutani setempat. Hingga saat ini, areal Perhutani yang terbakar mencapai 5 hektar.

Hutan Jati dan Mahoni yang berada di wilayah tersebut, ikut terbakar. Pihaknya terus berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Kebakaran berasal dari kawasan Tahura R Soerjo. Kami bekerjasama dengan BPBD Jombang sudah menerjunkan personil ke lokasi," jelas Priyono.

Sementara itu,Petugas pos singgah I-Kancil Gunung Anjasmoro Kusnuardi menerangkan, pihaknya melakukan penutupan sementara terhadap jalur pendaki yang akan memasuki wilayah tersebut. Hal ini dilakukakan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak dinginkan oleh pengunjung saat melakukan pendakian. 

Adapun penutupan tersebut yakni di jalur pendakian ke Gunung Anjasmoro dilakukan mulai pos singgah I-Kancil. Pos ini diketahui, terletak di Dusun Segunung, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

"Kami sudah musyawarah bersama teman-teman pos I-Kancil, dua minggu ini pendakian kami tutup sementara," tutupnya.

 

Loading...

Artikel Terkait