Bisnis

Menteri Basuki Dorong Kerja Lintas Kementerian, Kembangkan Destinasi Wisata Prioritas

Oleh : Mancik - Sabtu, 26/10/2019 18:30 WIB

Rapat koordinasi lintas kementerian dan lembaga membahas beberapa rencana strategis pengembangan destinasi wisata prioritas yang menjadi perhatian khusus Presiden Jokowi.(Foto:Tribunnews.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,(PUPR), Basuki Hadimuljono, mengambil inisiatif melakukan pertemuan lintas kementerian untuk membahas langkah-langkah pengembangan destinasi pariwisata strategis. Pengembangan wisata strategis menjadi salah satu agenda penting pemerintahan selama lima tahun ke depan.

Menurut Basuki, pengembangan beberapa destinasi strategis  merupakan perhatian khusus Jokowi dan membutuhkan kerja sama lintas kementerian untuk melaksanakan program tersebut. Karena itu,ia mengambil inisiatif melakukan pertemuan dengan beberapa kementerian tersebut.

"Kami melaporkan ke beliau-beliau yang baru menjabat bagaimana pariwisata khususnya untuk destinasi program prioritas wisata yang jadi pesan pak presiden," kata Basuki kepada media di Jakarta, Sabtu,(26/10/2019)

Rapat lintas Kementerian ini dihadiri oleh beberapa menteri yang berkaitan langsung dengan pengembangan wisata. Diantaranya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Pariwisata Wishnutama, Menteri Perhubungan, Budi Karya, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Wakil menteri Pariwisata, Angela Tanoesudibjo.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, setelah pertemuan tersebut menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan agenda lanjutan terkait dengan pengembangan wisata prioritas yang pernah dibahas bersama menteri periode lalu. Karena itu, perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut dalam rangka melanjutkan apa yang telah disepakati sebelumnya.

"Kami melaporkan ke beliau-beliau yang baru menjabat bagaimana pariwisata khususnya untuk destinasi program prioritas wisata yang jadi pesan pak presiden," jelas Basuki.

Ada beberapa destinasi prioritas yang menjadi perhatian khusus untuk dikembangkan oleh pemerintah. Diantaranya, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

"Apa yang kami lakukan. Saya presentasi program 2019 yang sudah dikerjakan. Pak Menhub mempresentasikan konektivitas dan rencana di destinasi itu," kata Basuki.

Basuki sendiri berharap, semua Menteri yang hadir memberikan dukungan penuh terhadap rencana tersebut. Dukungan lintas Kementerian dan lembaga, memberi jaminan terhadap suskesnya rencana pengembangan beberapa destinasi wisata strategis tersebut.

"Harapannya pak menteri BUMN, pariwisata dan investasi dengan cepat menangkap apa program di 5 destinasi itu. Dengan demikian beliau-beiau bisa menyusun program," pungkasnya.*

 

 

 

Artikel Terkait