Nasional

Survei LSI Sebut 71 Persen Masyarakat Puas Dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi

Oleh : Ronald T - Minggu, 03/11/2019 22:25 WIB

Presiden Jokowi saat menyapa masyarakat saat kunjungan kerjanya. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil penelitian terkait kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode pertama memimpin Indonesia. Hasil itu menunjukkan, kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi cukup tinggi.

“Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo cukup tinggi, 71,8 persen. Sementara yang tidak puas sebanyak 26,5 persen,” kata peneliti LSI, Djayadi Hanan, dalam paparannya di Jakarta Pusat, Minggu (3/11/2019).

Djayadi mengatakan, kepercayaan masyarakat terhadap mantan wali kota Solo itu juga menguat dibandingkan dengan masa awal ketika Jokowi menjabat Presiden RI.
 
“Kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo tampak menguat dibandingkan pada masa awal pemerintahannya, meskipun stagnan dalam tiga tahun terakhir,” ucapnya.
 
Djayadi menyebutkan, survei yang dilakukan pihaknya itu dimulai sejak September 2019, sebelum Jokowi dilantik untuk kedua kali sebagai kepala negara.
 
Sementara untuk populasi survei, dikatakan Djayadi, mereka adalah seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih. Sementara, sampel survei dipilih secara random (multistage random sampling) terhadap  1.550 responden yang  merupakan tersebar dari seluruh wilayah di Indonesia.
 
Adapun responden yang terpilih ini diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Margin of error dari survei kurang lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (rnl)

 

Loading...

Artikel Terkait