Nasional

Kemendes PDTT Segera Pangkas Jabatan Eselon Sederhanakan Birokrasi

Oleh : Mancik - Rabu, 06/11/2019 16:15 WIB

Kegiatan sosialisasi penyederhanaan birokrasi pemerintahan dari tingkat pusat sampai daerah.(Foto: Dokumentasi Kemendes PDTT)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Anwar Sanusi, menerangkan, pihaknya segera melakukan pemangkasan jabatan eselon III dan IV, dalam rangka menyederhanakan birokrasi di Kementerian. Pemangkasan ini dilakukan sebagai tindak lanjut arahan dari Presiden Jokowi.

Anwar menjelaskan, presiden menginginkan adanya kerja birkorasi yang serba cepat dan efisien. Salah satu pilihan strateginya yakni menyederhanakan jabatan ASN hanya eselon satu dan dua dan sisanya menjadi jabatan fungsional.

"Tentunya setiap kebijakan yang akan diambil pemerintah, seminimal mungkin tidak merugikan karir ASN," kata Anwar dalam keterangan tertulisnya kepada media, Jakarta, Rabu,(6/11/2019)

Kebijakan ini, kata Anwar, telah dipertimbangkan dengan matang oleh pemerintah. Kebijakan ini akan dilakukan sosialiasi kepada seluruh ASN sehingga mendapatkan pemahamanan yang utuh soal penjenjangan karir seorang ASN.

Lebih lanjut Anwar menjelaskan, profesi dalam birokrasi terdiri atas dua jabatan yakni struktural dan fungsional. Jabatan fungsional, menurutnya, telah lama dan diisi oleh orang-orang yang terampil dan profesional.

"Sosialisasi ini tujuannya untuk mengetahui bahwa ketika seseorang mendapatkan jabatan fungsional, setiap ASN mendapatkan kepastian terkait dengan jenjang karirnya," jelas Anwar.

Adapun terkait dengan jenjang karir, menurutnya, tidak ada perbedaan yang cukup tajam antara jabatan fungsional dan jabatan struktural. Kedua jabatan ini memiliki peluang yang sama dalam hal meningkatkan jabatan dengan syarat ketekunan dan integritas dari ASN yang bersangkutan.

"Kita berharap agar jabatan fungsional betul-betul semua profesional. Basisnya pertama keahlian, kedua keterampilan. Ada keterampilan pemula, ada terampil yang sifatnya ahli. Keahlian pertama ada muda, madya, serta utama," ungkapnya.

Anwar berharap, proses penyederhaan birokrasi ini berjalan dengan baik. Ia juga meminta kerja sama dari jajaran Kemendes PDTT bekerja sama melaksanakan agenda yang menjadi amanat khusus dari presiden.*

 

 

 

 

Artikel Terkait