Bisnis

Duh Anjlok, Harga Mobil Bekas Banjir Bisa Turun Hingga 50 Persen dari Pasaran

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 03/01/2020 10:01 WIB

Foto mobil mewah hanyut terbawa banjir

Jakarta, INDONEWS.ID - Harga mobil bekas kebanjiran yang diputuskan untuk dijual disebut bakalan jatuh di bawah pasaran hingga 50 persen. Pemilik mobil disarankan jangan berharap bisa dapat untung besar bila melakukannya.

Jeffrey Andika, CEO perusahaan yang menyediakan jasa inspeksi mobil bekas, OtoSpector, menjelaskan, harga jual mobil bekas banjir memang tidak akan sesuai pasar. Kondisi kesehatan mobil yang ditawarkan kepada calon pembeli sangat menentukan harga.

"Harga pasti turun. Bisa lumayan jauh bisa 50 persen turun harga kalau mobil ini kelelep sampai atap atau semua bagian. Ya karena mobilnya sudah susah untuk balik normal lagi," kata Jefry seperti dikutip dari CNNIndonesia, Jum`at (3/1/20).

Ia mengatakan mobil kebanjiran bisa kembali normal tergantung ketinggian air yang merendam kendaraan. Jika komponen vital terendam disebut otomatis perbaikan akan lebih sulit dan memakan biaya.

"Jadi tergantung kerendemnya mobil itu seperti apa dan perbaikan yang dilakukan semaksimal apa," ucapnya.

Tak Disarankan Beli Mobil Bekas Terendam Banjir

Jeffrey tidak menganjurkan seseorang membeli mobil bekas banjir. Menurut dia pembeli yang menginginkannya berarti harus siap menanggung kerusakan saat pemakaian.

"Ujung-ujungnya bakal repot. Misal perangkat elektronik kerendem tidak tau nanti. Sekarang oke bisa jadi entar rusak," kata Jeffrey.

Herjanto pun berpendapat demikian, dia bilang boleh saja membeli mobil bekas banjir asal dilakukan dengan sadar dalam arti tidak terkecoh pedagang.

"Kalau sudah tau dari awal ya lebih hati-hati karena tau penyakitnya. Jadi siap penanganan kalau rusak dan siap uang juga buat betulin," kata Herjanto.*

Artikel Terkait