Nasional

Pilkada Wakatobi: Sosok Mudasir Usman dan Konsep Pembangunan Pariwisata ala PDIP

Oleh : Rikardo - Kamis, 09/01/2020 21:01 WIB

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Mudasir Usman (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menjelang berakhirnya tahun 2019 yang lalu, tepatnya pada 22 Desember 2019, rupanya Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) tak ingin melewatkan hari-hari yang tersisa dari 2019 itu tanpa membuat sejumlah daftar resolusi secara kelembagaan dalam menyambut tahun baru 2020, yang merupakan tahun pilkada.

Tidak main-main, DPP PDIP pun serius mengelar Rapat Koordinasi Bidang Pariwisata (Rakorbid Pariwisata) yang diselenggerakan satu hari penuh secara meriah dan dihadiri oleh seluruh Ketua DPD dan PAC dari seluruh Indonesia bertempat di Grand Sahid, Jakarta, pada Minggu, 22 Desember 2019.

DPP PDIP secara serius menggelar Rakorbid Pariwisata tersebut sebagai bentuk komitmen PDIP yang merupakan partai pendukung utama pemerintah dalam mewujudkan lima visi brilian dan misi konkrit Jokowi dalam Visi Indonesia Maju.  Salah satunya adalah ingin mengarap sektor pariwisata secara serius, sistematis, terstruktur dan konseptual sehingga menjadi sumber devisa nomor satu negara.

Tidak tanggung-tanggung, Ketua DPP Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani CHA dalam pemaparannya menegaskan bahwa PDIP ingin kepala daerahnya memiliki kreativitas yang tinggi dan konsep yang besar untuk menjadikan pariwisata sebagai roda utama ekonomi bangsa sebagai penyumbang devisa nomor satu.

"Maka dari itu, kepala daerah harus memiliki konsep pembangunan pariwisata yang komprehensif dan menyeluruh dengan konsep pembangunan pariwisata jangka menengah dan jangka panjang. Sehingga, konsep TRISAKTI yakni yang berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya dapat tercapai pada 2024," tegas Yanti seperti diberitakan media ini pada Rabu, (25/12/2019).

Mengapa Mudasir Usman?

Diwawancari secara terpisah, Mudasir Usman, pengusaha muda asal Wakatobi yang juga merupakan kader PDIP menapresiasi dan menanggapi serius konsep yang disampaikan Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata tersebut. Ia mengaku mendukung penuh rencana dan langkah brilian tersebut.

"Itu konsep brilian yang harus didukung. Bercermin pada perkembangan pembangunan pariwisata Wakatobi misalnya, selama ini mengalami kemunduran karena orang tidak memiliki kesadaran pariwisata seperti yang disampaikan itu," terang Mudasir Usman ketika ditemui media ini di kawasan Sarinah, Jakarta, Senin (23/12/19).

Seminggu sebelum digelarnya Rakorbid Pariwisata oleh DPP PDIP, media ini berkesempatan berbincang ringan dengan mantan DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut soal pariwisata Wakatobi yang selama lima tahun terakhir mengalami kemunduran dalam banyak sektor. Bahkan, status Wakatobi sebagai Top Ten destination seperti tak ada gunanya selama lima tahun terakhir.

Konsep dan Mimpi Seorang Mudasir

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Sulawesi Tenggara ini pun dengan gamblang menceritakan sekaligus menjelaskan setiap butir ide brilian dan konsep besarnya soal pembangunan pariwisata. Melihat kabupaten Wakatobi yang bergelimang potensi dan kekayaan sumber daya alam. Ia yakin sepenuh hati bahwa dengan mengoptimalkan dan memaksimalkan sektor pariwisata saja, Wakatobi bisa jaya hinga cucu cicit.

Dalam benak saya, katanya, kepala daerah harus memiliki konsep "Grand Design Pariwisata", untuk itu diperlukan beberapa langkah dan strategi mendesign ulang atau "re-design pariwisata" Wakatobi.

"Saya berkomitmen membawa pariwisata Wakatobi menuju apa yang saya sebut Society 5.0 yakni peradaban era digitalisasi. Selain itu, implementasi konsep "re-design pariwisata" ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pertumbuhan pembangunan dengan sistem dan strategi jitu yaitu dengan model PENTAHELIK (Akademik, Bisnis, Community, Media dan Goverment).

Sistem dan strategi itu, lanjutnya adalah jembatan menuju peradaban modern dan super cepat, pesat dan tentunya setaraf dengan promosi pariwisata kelas dunia. Ke depannya, tambhanya, di setiap pelosok Nusantara, semua titik akan terakses internet dengan pengaktifan Palapa Ring.

"Sehingga, promosi dan dan konsep pembagunan dan pengembagan pariwisata kita harus menerapkan teknologi dan inovasi yang berkembang dari waktu ke waktu. Sejauh ini, jangankan dilakukan, dipikirkan saja oleh pemerintah daerah kita, tidak ada," beber Mudasir.

Idealisme PDIP dan Kebesarannya

Dengan konsep besar, brilian, detil, solutif, sistematis, terstruktur dan futuristik, Mudasir Usman menjadi sosok yang tepat untuk memimpin Wakatobi pada 2020 untuk memecahkan persoalan pembangunan pariwisata yang selama ini jalan di tempat bahkan mundur. Selain itu, pemikirannya sejalan dengan idealisme dan konsep pembangunan pariwisata ala PDIP.  

Diharapkan kepada PDIP, yang selama ini menjadi partai besar dan kokoh, tetap dapat mempertahan ideologinya sebagi bentuk eksistensinya memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia. Apalagi, partai ini telah mengukir prestasi dalam memenangkan pemilu pada beberapa periode terakhir.

Sehingga, PDIP menjadi pilihan terbaik rakyat Indonesia dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa dan negara melalui pembentukan kaderisasi dan konsep pada kiat kepemimpinan yang bersih, tangguh, berkarakter dan visioner.*(Rikardo). 

Loading...

Artikel Terkait