Gaya Hidup

Mengenal 5 Manfaat Bayam untuk Bayi, Baik Dicoba di Rumah

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 10/01/2020 08:30 WIB

Ilustrasi Ibu dan Si Buah Hati

LifeStyle, INDONEWS.ID - Bayam kaya akan aneka nutrisi. Fakta ini sudah bukan rahasia lagi. Beragam nutrisi membuat sayuran hijau ini memiliki segudang manfaat untuk bayi.

Para ahli gizi mengatakan, bayam mengandung vitamin A, C, asam folat, asam pantotenat, dan niasin. Bayam juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh seperti potasium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Untuk itu, tak ada salahnya memperkenalkan bayam pada si buah hati. Zat besi merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak, sel saraf, dan sel darah merah.

Langkahnya, bersihkan bayam dengan air bersih. Kukus bayam hingga lunak dan tiriskan. Setelahnya, masukkan ke dalam blender atau food processor dan haluskan bayam hingga menjadi bubur.

Berikan puree bayam pada si kecil setelah usia 6 bulan. Mengutip Being the Parent.Puree bayam bakal jadi asupan bergizi dan penuh manfaat untuk bayi seperti berikut.

1. Laksatif alami

Dari 100 gram bayam terkandung 2,2 gram serat. Serat membantu menyehatkan pencernaan dan berperan sebagai laksatif alami untuk bayi.

Bayam juga mampu menyerap air dan membantu merangsang gerak usus. Hal ini dapat membantu mengatasi konstipasi yang kerap dialami bayi.

2. Baik untuk tulang


Tak hanya susu, asupan bayam juga dapat membantu menguatkan tulang bayi. Bayam bisa menjadi pelengkap asupan kalsium untuk bayi.

3. Atasi gangguan pencernaan

Pencernaan bayi belum sekuat orang dewasa. Tak ayal, masalah pencernaan kerap jadi persoalan bagi bayi. Namun, tak perlu khawatir, orang tua dapat mengandalkan bayam dengan kandungan seratnya yang tinggi.

4. Tingkatkan imunitas

Multivitamin umumnya dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh. Namun, tak sembarang multivitamin bisa diberikan pada bayi.

Sebagai penggantinya, orang tua bisa memberikan multivitamin alami untuk si buah hati yang bisa diperoleh dari bayam. Bayam mengandung banyak vitamin termasuk vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

5. Hidrasi

Bayam juga bermanfaat sebagai penambah asupan cairan pada bayi. Bayam secara alami mengandung 90 persen air.*

 

Artikel Terkait