Nasional

Singapura Positif Umumkan Kasus Virus Corona Pertama Kalinya

Oleh : Ronald - Jum'at, 24/01/2020 17:01 WIB

Virus Corona. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Singapura telah mengonfirmasi masuknya virus Corona ke negaranya pada Kamis, (23/1/2020). Dilansir dari Channel News Asia, Jumat (24/1), Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan virus tersebut diantarkan seorang warga Wuhan, China. 

Pria berusia 66 tahun itu tiba di Singapura bersama keluarganya pada 20 Januari 2020, setelah terbang dari Guangzhou dengan maskapai penerbangan China Southern Airlines.

“Ia saat ini berada dalam isolasi Singapore General Hospital dan dalam kondisi stabil,” papar Kementerian Kesehatan dalam suatu media briefing pada Kamis (23/1/2020), seperti dilansir Channel News Asia.  

pria ini dilaporkan tengah menderita sakit tenggorokan selama penerbangan. Kala itu, dia juga tidak menunjukkan gejala-gejala lainnya seperti demam. Namun, di hari berikutnya dia terserang demam dan mulai batuk.

Mengetahui kondisi badan yang tidak enak, dia lantas pergi ke Singapore General Hospital (SGH) pada Rabu (22/1). Sesampainya di sana, pria berusia 66 tahun ini juga langsung di bawa ke ruang isolasi karena didiagnosis menderita pneumonia. Diduga dia terinfeksi virus corona baru.

Dia kemudian dinyatakan positif terjangkiti virus corona baru pada Kamis (23/1) pukul 6 sore waktu setempat.

Pihak kementerian lebih lanjut menginformasikan bahwa pelacakan kontak telah dimulai untuk mengidentifikasi sekitar 30 orang yang duduk dua baris di depan dan dua baris di belakang pria itu dalam penerbangannya.

Mereka yang telah diidentifikasi akan dihubungi oleh Kementerian Kesehatan Singapura.

Sementara itu, sembilan orang yang menyertai perjalanannya juga telah diidentifikasi. Salah satu dari sembilan orang itu adalah putranya yang berusia 37 tahun, yang telah menerima pengawasan sebagai suspek.

“Delapan orang lainnya telah meninggalkan Singapura. Pihak-pihak berwenang negara tujuan mereka telah diberi tahu,” lanjut pihak kementerian.

Secara keseluruhan, sudah ada total 28 suspek kasus dengan usia berkisar dari 1 hingga 78 tahun. Tujuh di antaranya telah diuji negatif.

Kementerian Kesehatan mengatakan kasus virus ini dapat bertambah di Singapura mengingat banyaknya jumlah kasus di China dan tingginya volume perjalanan dari China ke Singapura.

Virus corona kini sedang menggemparkan dunia. Penyebarannya terbilang cepat. Sejumlah negara sudah terjangkit virus mematikan ini. Bahkan, tercatat sudah ada ratusan korban dan sembilan orang dinyatakan meninggal dunia.

Sayangnya, virus corona ini masih gelap di mata para ilmuwan. Meski begitu, mereka tetap memantau serta menganalisis lebih dalam mengenai virus yang gegerkan dunia ini. (rnl)

 

Loading...

Artikel Terkait