Daerah

Momentum Pariwisata Flores, Masyarakat Luwuk dan Luwuk Diaspora Bentuk UKM

Oleh : very - Selasa, 28/01/2020 15:38 WIB

Luwuk-Lolok Diaspora Jakarta (Foto: Indonesiakoran.com)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Masyarakat Luwuk dan Lengko Lolok di Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT bersama warga Diaspora yang menyebar di berbagai tempat di Tanah Air, kompak membentuk kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM). Kelompok UKM ini akan bergerak di bidang perikanan tambak dengan konsep agrowisata.

Koordinator warga Luwuk Diaspora Jakarta, Maxi Rambung mengatakan, gagasan pembentukan UKM sudah lama disiapkan baik oleh warga Luwuk yang ada di perantauan juga yang tinggal di kampung. Saat ini baru dibentuk karena momennya sudah pas untuk dimulai. Infrastruktur pendukung seperti jalan trans utara Flores dan listrik nyaris rampung.

Ada tiga hal mengapa UKM dibentuk. Pertama, Luwuk memiliki kawasan yang bisa dimanfaatkan untuk budidaya udang dan ikan bandeng.

Kedua, seluruh pesisir utara Flores memiliki potensi wisata taman laut yang belum terekspos.

"Luwuk menjadi salah satu titik perhentian dari lalu lintas wisatawan ke depan. Karena itu UKM akan mengembangkan agrowisata, di mana di atas lahan tambak akan dibangun spot edukasi," kata Maxi dalam rilis yang diterima INDONEWS.ID, Selasa (28/01).

Ketiga, UKM lebih cocok dengan masyarakat luwuk yang rerata penghasilan rendah. "Semua warga akan menjadi anggota UKM dan mereka akan merasakan hasil usaha sendiri," ujarnya.

UKM yang dibentuk warga, lanjutnya, sejalan dengan visi pembangunan pemerintahan Jokowi yang diperkuat Gubernur NTT Victor Laiskodat. Dengan ditetapkannya Labuan Bajo sebagai destinasi prioritas, maka seluruh Flores harus mendukung dengan menyiapkan titik-titik persinggahan yang unik, edukatif, dan ramah lingkungan.

Maxi menyayangkan jika pmerintah daerah, khususnya bupati sedaratan Flores tidak kreatif dan tidak tanggap terhadap visi pembangunan Jokowi di bidang pariwisata.

Menurut Maxi, Pemda sudah salah langkah jika mendukung rezim pertambangan. "Luwuk adalah daerah potensi wisata, maka yang didorong adalah pengembangan potensi wisata, bukan tambang. Kami berharap, dengan dibentuknya UKM ini, pemerintah daerah ikut mendukung, termasuk menyiapkan pelatihan jika kami butuhkan," pungkasnya. (Very)

Artikel Terkait