Daerah

Melihat Mall Pelayanan Publik Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur

Oleh : Mancik - Sabtu, 01/02/2020 15:30 WIB

Mendagri Tito Karnavian dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi mall pelayanan publik di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.(Foto:Istimewa)

Jakarta,INDONEWS.ID - Kabupaten Magetan Jawa Timur melakukan terobosan baru dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat. Hal ini dilakukan dengan cara membangun Mall Pelayanan publik sebagai tempat untuk melayani setiap urusan masyarakat di kabupaten tersebut.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada kesempatan mengunjungi mall tersebut, memberikan apresiasi terhadap ide cerdas dari Pemerintah Kabupaten Magetan serta dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Langkah ini merupakan terobosan baru dalam mempercepat pelayanan urusan publik kepada masyarakat.

"Kalau di sini saya kagum ada Mall Pelayanan Publik, di beberapa daerah lain maupun di Jatim saya yakin ada, tapi ada juga yang belum, ini semuanya ada di sini, sertifikat, dan lainnya," kata Tito saat mengjungi Mall pelayanan publik tersebut, Jumat,(31/01/2020) kemarin.

Menurut Tito, keberadaan mall pelayanan publik dapat menjadi sarana untuk memutus segala bentuk hambatan pelayanan birokrasi pemerintahan daerah yang selama ini masih dinilai lamban.Karenanya, langkah dari Pemkab Magetan dapat menjadi contoh untuk daerah di seluruh wilayah Indonesia.

"Kita harapkan juga bisa menjadi model daerah lain, banyak kreativitas yang bisa kita kembangkan untuk mempermudah pelayanan publik sehingga negara benar-benar hadir, apalagi ini mallnya di pasar, ini ide cemerlang," ungkap Tito.

Diketahui, mall pelayanan publik akan dijadikan sebagai tempat untuk pelayanan administrasi kependudukan. Mall ini juga akan dijadikan tempat untuk melayani keperluan adminitrasi yang lainnya bagi warga di Magetan.

Pada kesempatan ini, Mendagri Tito Karnavian berkesempatan menyerahkan mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk dipergunakan Kabupaten Magetan.Ini merupakan bentuk apresiasi atas berbagai macam inovasi yang dikembangkan oleh Pemkab Magetan dalam melayani masyarakat.

"Mobil Damkar ini adalah bantuan dari Kemendagri untuk Magetan, ini adalah bentuk reward tapi kalau nanti ada daerah lain pakai ADM, saya tidak jamin dapat, ini yang pertama dan saya apresiasi, memberikan penghormatan kepada Bapak Bupati," tutupnya.*

 

 

 

Artikel Terkait