Bakal Calon Wali Kota Tangsel Rizal Bawazier Gelar Silaturahmi dengan Media

Oleh : very - Sabtu, 15/02/2020 22:11 WIB

Bakal Calon Wali Kota Tangerang Selatan Rizal Bawazier menggelar “Silaturahmi Media” di restoran Telaga Seafood BSD, Jumat (14/2). (Foto: Indonews.id/Very)

Tangsel, INDONEWS.ID -- Bakal Calon Wali Kota Tangerang Selatan Rizal Bawazier menggelar “Silaturahmi Media” di restoran Telaga Seafood BSD,  Jumat (14/2). Dalam silaturahmi perkenalan bakal calon Wali Kota Tangsel periode 2020-2023 itu, dihadiri oleh insan pers dari berbagai media nasional maupun lokal.

Pengusaha yang terjun ke dunia politik ini mengatakan dirinya tak sekadar mau menjadi Wali Kota Tangerang Selatan, tapi hendak membangun Tangsel ke arah yang lebih baik. "Saya tidak hanya ingin menjadi wali kota, tapi hendak membangun Kota Tangsel menuju perubahan ke arah arah yang lebih baik," ujar kader PKS itu di hadapan media.

CEO RB Group ini menawarkan 10 program unggulan yang disebutnya dengan "10M". Visi misi dalam program tersebut diyakininya mampu membawa dan mengubah Tangsel ke arah yang lebih moderen dan religius.

Program pertama yaitu membangun "ikon pariwisata" di Tangsel. Melalui program ini, Rizal hendak membangun ikon Tangsel menjadi moderen sekaligus religius. Dia misalnya akan membangun masjid raya, gereja, pura, vihara, dan klenteng. Di tempat inilah sekaligus menjadi pusat kota Tangerang Selatan.

Pembuatan ikon tersebut bahkan menjadi sangat penting dan menjadi program pertama yang akan dilakukannya ketika dipercaya menjadi Wali Kota Tangsel.

“Dalam beberapa kesempatan, yang paling penting yaitu membuat ikon Tangsel. Ini yang paling dominan, yang pertama kami kerjakan,” ujarnya.

(Bakal Calon Wali Kota Tangsel, Rizal Bawazier di dalam acara silaturahmi dengan media. Foto: Indonews.id)

Kedua, melakukan normalisasi sungai. Normalisasi tersebut, katanya, harus dilakukan tanpa menggunakan pendekatan naturalisasi. Normalisasi yaitu melakukan dengan pembersihan atau pengerukan sungai. Naturalisasi, kata Rizal, tidak bisa dilakukan, termasuk di Tangsel, karena membutuhkan lahan yang luas.

Ada program penting yang akan dilakukan oleh Rizal yaitu mengurangi pengangguran dan membangun lapangan kerja baru yaitu dengan mendirikan skill development center. Skill development center tersebut, katanya, dibangun tanpa banyak campur tangan atau intervensi dari dinas terkait. Anggaranpun menggunakan dana dari pemerintah pusat.

Saat dipercaya menjadi wali kota, Rizal bertekad untuk mengurai kantong-kantong kemiskinan dan penggangguran di Tangsel. Kantong tersebut misalnya terdapat di daerah Ciputat, Ciputat Timur dan Setu. Daerah ini kalah jauh dibandingkan dengan daerah lain seperti kawasan Bintaro dan BSD, baik dalam hal infrastruktur maupun fasilitas umumnya.

 

Menggratiskan STNK Motor

Salah satu program unggulan yang hendak dijalankannya nanti yaitu menggratiskan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)  motor. Hal itu, katanya, untuk membantu masyarakat kelas bawah.

Program ini,  katanya, pasti akan mengurangi pendapatan asli daerah (PAD) tapi tidak seberapa dibandingkan kegunannya.  "Program ini kita gunakan untuk membantu masyarakat kecil.  Program ini juga hanya khusus untuk motor,  dan tidak berlaku untuk mobil," ujarnya.

Rizal mengatakan, STNK motor gratis itu bisa dilakukan dengan mengambil uang dari APBD sebesar Rp4 triliun.

"Syaratnya yaitu 10 kali tidak boleh ada pelanggaran yang dilakukan. Jika melakukan pelanggaran maka syarat pembuatan STNK gratis itu akan dicabut, " ujarnya.

Rizal optimisitis program 10M tersebut akan berhasil. Untuk itu,  dia akan menempatkan orangnya untuk mengawasi jalannya program tersebut.

"Yang paling penting dari 10M itu yakni dilakukan dengan menertibkan APBD. Dengan demikian maka semua program tersebut akan jalan. Dengan itu maka daerah Ciputat,  Ciputat Timur,  dan Setu akan bisa kita bangun," ujarnya.

 

(Foto bersama para wartawan di Restoran Telaga Seafood, BSD, Tangerang Selatan, Jumat 14/2

Pendekatan Berbeda

Sementara itu menjawab pertanyaan mengapa Rizal baru turun gelanggang di saat pemain lain sudah jauh hari berlaga, dia mengatakan hal itu dilakukannya karena harus berkomunikasi dengan partai politik, yaitu PKS,  sebelum turun. 

"Saya harus melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan partai politik baru bisa turun," ujarnya.

Ditanya dengan partai apa saja dia telah melakukan komunikasi politik selain PKS, tokoh yang baru terjun ke gelanggang politik ini mengaku jika komunikasi politik itu akan dilakukan oleh PKS.

Sejauh ini dirinya telah mendapat restu dari PKS untuk turun melakukan sosialisasi kepada masyarakat Tangsel. 

"Jadi masih sampai Bulan Mei kita akan terus melakukan sosialisasi sebelum penetapan oleh partai politik," ujarnya.

Ditanya terkait peluang dirinya ditetapkan sebagai calon wali kota dibandingkan dengan calon lain yang sudah lebih dahulu melakukan sosialisasi, Rizal mengaku dirinya tetap optimistis.

"Jika ditanya seberapa optimistisnya saya, saya mengatakan bahwa saya tetap memiliki optimisme di atas 50 persen," ujarnya.

Salah satu tim sukses Rizal Bawazier untuk daerah Tangsel, Munifah Umar membenarkan bahwa Rizal akan turun melalui PKS. 

"Sistem kita berbeda. Kita mantapkan di partai dulu baru kemudian terjun ke masyarakat, " ujarnya. 

Ifa, panggilan Munifah, mengatakan, selama ini masyarakat Tangsel sudah lama mendambakan perubahan. Karena hanya BSD dan Bintaro saja yang maju dan berubah, sementara daerah lainnya belum tersentuh.

“Dan kalau bicara pembangunan pasti beliau (Rizal) pasti paham benar apa yang harus dilakukannya. Kita telah melakukan silaturahmi dengan para pendiri Kabupaten Tangsel ini. Dan semua tokoh itu prihatin dengan kondisi Tangsel saat ini. Dan saya yakin jika bang Rizal terpilih bisa membawa Tangsel menjadi lebih baik ke depan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Kota Tangerang Selatan terdiri dari tujuh kecematan yaitu Kecamatan Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Pondok Aren, Serpong, Serpon Utara, dan Kecamatan Setu. Kota Tangsel adalah satu dari 270 pilkada serentak yang akan digelar pada September 2020 mendatang. (Very)

 

Artikel Terkait